Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Serangga Kecil yang Kerap Muncul di Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 24/10/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangga dapat hidup dan muncul di mana saja, termasuk rumah Anda. Ada beberapa serangga yang bermanfaat bagi lingkungan, tetapi sebagian di antaranya menjadi hama ketika menginvasi rumah.

Dan Suiter, profesor entomologi di Universitas Georgia, Amerika Serikat, yang juga mengembangkan program penelitian tentang pengelolaan hama struktural dan hama rumah tangga, termasuk semut api dan rayap Formosa—mengatakan suhu yang mendukung, makanan dan air yang melimpah, dan tempat berlindung atau penampungan yang tersedia dapat menarik hama serangga ke rumah Anda.  

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Membasmi Serangga di Rumah

Maka itu, perlu segera membasmi hama serangga ini dari rumah. Pengelolaan hama secara proaktif dimulai dengan mengidentifikasi hama dan menggunakan informasi tentang biologi makhluk yang menyerang untuk memutuskan rencana tindakan.

Dikutip dari The Spruce, Selasa (24/10/2023), berikut beberapa serangga kecil yang kerap muncul di rumah dan cara membasminya.

Kutu busuk

Ilustrasi kutu busuk.SHUTTERSTOCK/DMITRY BEZRUKOV Ilustrasi kutu busuk.
Kutu busuk menjadi hama serangga yang sering muncul di rumah. Kutu busuk dapat ditemukan di permukaan berlapis kain, seperti kasur, selimut, selimut, dan pakaian.

Suiter mengatakan serangan kutu busuk yang besar sulit dikendalikan dan Anda harus menghubungi profesional berpengalaman untuk membasminya. Ada beberapa cara membasmi kutu busuk di rumah seperti berikut. 

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk dan Serangga Secara Alami, Apa Saja?

Gunakan panas: Kutu busuk akan mati ketika suhu tubuhnya mencapai 45 derajat Celsius. Jadi, cuci pakaian dan seprai dengan air panas dan keringkan dengan suhu panas tersebut selama 30 menit.

Sebaiknya, mencuci setiap item pakaian setelah bepergian dengan metode ini. Menutup furnitur atau barang lainnya dalam kantong plastik bening tertutup dan menempatkannya di bawah sinar matahari langsung selama satu siang penuh juga dapat membunuh kutu busuk.

Singkirkan sumber makanan: Tanpa darah untuk dimakan, kutu busuk akan mati. Menyegel barang dalam wadah plastik atau kantong plastik yang rapat dan menyimpannya selama beberapa bulan umumnya akan membunuh kutu busuk dan serangga lain secara bertahap.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Semprotan Alami untuk Membasmi Serangga dari Tanaman 

Lalat buah

Selanjutnya, serangga kecil yang kerap muncul di rumah adalah lalat buah. Lalat ini menyukai buah yang terlalu matan dan busuk, sisa-sisa makanan, bahkan sampah yang terperangkap di saluran pembuangan dapur.

Untuk mengendalikan dan membasmi lalat buah, simpan buah-buahan lunak di dalam kulkas, mengelap meja dapur, mengosongkan sampah setiap hari, dan membersihkan saluran pembuangan wastafel.

Baca juga: 5 Tanaman di Halaman Rumah yang Memicu Kehadiran Tikus dan Serangga 

Semut

Ilustrasi semut, koloni semut.SHUTTERSTOCK/FERMARCOVICH Ilustrasi semut, koloni semut.
Ada 12 ribu spesies semut dan terkadang sulit mengendalikannya karena keanekaragamannya. Namun, semua semut memiliki struktur sosial untuk berbagi makanan sehingga sering kali cara paling mudah membasmi semut di rumah adalah menggunakan insektisida dan membiarkan semut kembali ke sarangnya daripada menghabiskan waktu mencari sarangnya.  

Gegat 

Gegat atau silverfish menjadi salah satu serangga kecil yang kerap muncul di rumah. Untuk mengendalikannya secara alami, Anda harus terlebih dahulu menghilangkan kelembapan dan makanan yang disukai serangga ini.

Keringkan lingkungan dengan dehumidifier dan bersihkan secara menyeluruh. Segera kosongkan wadah vacuum cleaner di luar atau ke dalam wadah tertutup.

Oleskan pengering seperti bubuk silika untuk menyerap kelembapan di area infestasi. Turunkan suhu hingga di bawah 15 derajat Celsius untuk memperlambat reproduksi. Gunakan kertas serangga yang lengket untuk menangkap gagat selama aktivitas malam hari. 

Baca juga: 7 Aroma yang Disukai Kecoak di Rumah, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com