Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Setrika yang Hangus, Bisa Pakai Jeruk Nipis

Kompas.com - 16/10/2023, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comSetrika hangus menjadi hal yang umum terjadi saat sedang menyetrika pakaian. Biasanya, diakibatkan oleh panas yang terlalu tinggi.

Setrika yang hangus membuat alat elektronik ini sulit digunakan karena lengket. Bahkan, noda gosong pada setrika bisa menempel di pakaian dan merusak pakaian tersebut.

Saat melihat bagian bawah setrika terbakar, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mencabut kabel setrika. Kemudian, buang kain yang menempel pada bagian bawah setrika menggunakan pinset atau sumpit kayu.

Baca juga: Cara Membersihkan Setrika, Hilangkan Kerak Putih hingga Noda Gosong

Jika noda terlanjur mengering dan sulit dibersihkan, maka Anda bisa menggunakan bahan pembersih seperti cuka, detergen, sabun cuci piring, hidrogen peroksida, serta campuran jeruk nipis, dan soda kue.

Dilansir dari Love to Know, Senin (16/10/2023), berikut cara membersihkan setrika yang hangus dengan mudah.

Membersihkan setrika pakai cuka

Ilustrasi membersihkan setrikaSHUTTERSTOCK/ALEXANDER SAFONOV Ilustrasi membersihkan setrika

Cuka merupakan salah satu bahan dapur yang ternyata bisa digunakan untuk membersihkan setrika yang gosong. Cukup panaskan cuka putih dan celupkan kain lembut ke dalamnya.

Lalu, usap perlahan kain tersebut di area setrika yang hangus sampai nodanya hilang. Kemudian, bila dengan kain lembap yang bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Setrika dan Hal yang Harus Dihindari

Apabila cuka tidak bisa menghilangkan noda hangus pada setrika, maka Anda bisa menambahkan beberapa sendok teh garam meja atau soda kue dalam cuka panas.

Aduk campuran sampai merata, lalu rendam kain bersih dalam larutan tersebut dan gunakan untuk membersihkan setrika yang hangus.

Cara membersihkan setrika yang hangus menggunakan detergen

Detergen cair juga bisa digunakan untuk membersihkan setrika yang hangus. Cukup tambahkan satu atau dua tetes detergen ke dalam mangkuk berisi air hangat.

Kemudian, celupkan kain bersih ke dalam larutan tersebut dan gunakan untuk mengelap bagian bawah setrika yang hangus. Terakhir, keringkan bagian bawah setrika menggunakan handuk bersih.

Baca juga: Tips Membersihkan Setrika yang Gosong agar Kembali Kinclong

Menghilangkan noda hangus pada setrika menggunakan sabun cuci piring

Selain detergen, sabun cuci piring juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda hangus pada setrika. Caranya, cukup campurkan air dan sabun cuci piring.

Lalu, celupkan kapas dalam larutan tersebut dan gosokkan perlahan pada area yang bernota. Setelah bersih, keringkan setrika dengan kain bersih.

Membersihkan setrika pakai hidrogen peroksida

Ilustrasi setrika.Shutterstock/Didecs Ilustrasi setrika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com