Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Setrika dan Hal yang Harus Dihindari

Kompas.com - 09/02/2023, 13:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu dan penggunaan, setrika bisa mengalami sejumlah masalah, seperti lengket dan kotor. 

Setrika yang lengket dan kotor ini tak lain berasal dari serat-serat pakaian yang menempel serta tidak melakukan pembersihan rutin. 

Baca juga: 3 Masalah yang Sering Dialami Setrika dan Cara Mengatasinya

Kondisi ini bisa membuat setrika tidak bekerja optimal dalam merapikan pakaian yang kusut dan dapat mengotori pakaian yang disetrika. 

Karena itu, perlu membersihkan setrika dengan rutin. Dikutip dari Southern Living, Kamis (9/2/2023), Sabrina Fierman, ahli kebersihan dai New York’s Little Elves— layanan kebersihan kelas atas—membagikan cara membersihkan dan merawat setrika di rumah.

Cara membersihkan bagian dalam setrika

Ilustrasi bagian bawah setrika yang terbakarSHUTTERSTOCK/KUGIRLART Ilustrasi bagian bawah setrika yang terbakar
Sebelum mulai membersihkan setrika, Anda harus selalu memeriksa rekomendasi produsen setrika. Jika tidak memiliki buku petunjuk alat, Anda bisa menemukannya secara online dengan mengetikkan merek setrika, produk, dan "manual" di kolom pencarian.

Jika tidak berhasil, Fierman mengatakan membersihkan setrika dengan membuat campuran 118 mililiter cuka putih dan 118 mililiter air, lalu tuangkan ke dalam penampungan setrika.

"Nyalakan dan atur untuk mengukus, tunggu lima menit, lalu tekan uap selama 30 detik, ulangi sekitar empat sampai lima kali," ucap Fierman. 

Setelah selesai, matikan setrika, biarkan dingin, dan tuangkan larutan cuka yang tersisa. Jangan ragu mengulangi proses ini dengan air suling untuk menghilangkan residu yang masih menempel pada setrika. 

Baca juga: 5 Bahan yang Ampuh Menghilangkan Noda Lengket pada Setrika

Cara membersihkan bagian bawah setrika

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membersihkan bagian bawah setrika atau elemen pemanas setrika.

"Dengan menggunakan cuka putih lagi, rendam kain katun bersih di dalam cuka, dan letakkan pelat setrika yang sudah dingin di atas kain tersebut," kata Fierman.

Pastikan menggunakan permukaan yang terlindungi atau tidak akan terpengaruh oleh cuka. Biarkan setrika di atas kain lap selama 30 menit dan bersihkan setelahnya. 

Jika membutuhkan sesuatu yang bersifat abrasif, Fierman menyarankan membuat pasta baking soda dan air dengan perbandingan 2:1. 

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Setrika Uap atau Steam Iron

Ilustrasi setrika uapSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi setrika uap
"Oleskan pasta dan gosok dengan lembut dan gerakan melingkar. Pastikan menyekanya dengan kain bersih dan lembap," ucapnya.

Cara lain membersihkan setrika adalah mengoleskan garam dalam jumlah banyak di atas kertas koran di atas papan setrika Anda. Atur setrika menjadi hangat, lalu setrika di atas garam dengan gerakan melingkar sampai bersih."

Jika kesulitan membersihkan lubang uap di bagian bawah setrika, pertimbangkan mengambil cotton bud dan gunakan ujungnya untuk membersihkan. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com