Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2023, 11:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun sayuran terbilang tidak mudah, tetapi menanam tanaman sayur dalam wadah atau kontainer dapat mengurangi masalah yang ditimbulkan oleh cuaca dan hama.

Hal ini membuat berkebun sayuran kontainer menjadi pilihan baik untuk pemula. Ditambah, metode berkebun ini tidak membutuhkan ruang luas atau petak kebun di dalam tanah. 

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Dapat Ditanam di Tempat Teduh Sebagian

Ada beberapa sayuran yang tumbuh subur dan mudah ditanam dalam pot. Secara umum, menanam sayuran dalam pot harus menggunakan campuran pot organik berkualitas dengan drainase baik. 

Selain itu, ukuran pot untuk menanam tanaman sayur, tergantung pada jenis sayuran yang ditanam. Beberapa sayuran, seperti sayuran hijau, memiliki akar relatif dangkal dan tidak membutuhkan pot yang dalam. 

Namun, perlu diketahui, tanaman dalam pot cenderung lebih cepat menguras kelembapan dan nutrisi tanah daripada tanaman di tanah. Jadi, pastikan menyesuaikan penyiraman dan pemberian makan agar kebun kontainer sayuran tetap sehat.

Nah, dilansir dari The Spruce, Selasa (10/10/2023), berikut sejumlah tanaman sayur yang tumbuh subur di pot.  

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Dalam Ruangan, Bisa Panen Terus

Tomat (Solanum lycopersicum) 

Ilustrasi tanaman tomat ceri.Shutterstock/vlalukinv Ilustrasi tanaman tomat ceri.
Menanam tomat dalam pot mudah dilakukan dan sangat memuaskan. Kebanyakan tomat paling senang ditanam dalam pot besar dan membutuhkan penopang untuk menjaga buah yang berat tidak membengkokkan dan mematahkan tanaman merambat.

Jika membeli bibit tomat, carilah tanaman yang pendek dan kekar yang belum berbunga. Ingatlah, semakin besar varietas tomat, semakin besar pula pot yang dibutuhkan. 

Misalnya, tomat ceri kecil tidak membutuhkan ruang serta tanah yang sama dengan tomat jenis bistik besar. 

Tanaman tomat tidak menyukai udara dingin, jadi jangan terlalu dini mengeluarkannya. Pastikan mengeraskan atau secara bertahap menyesuaikan bibit dengan lingkungan luar sebelum menanamnya.

Tomat ditanam jauh lebih dalam daripada kebanyakan tanaman. Selain itu, jauhkan anjing dan kucing peliharaan dari tanaman ini karena daunnya beracun jika tertelan. 

Baca juga: 6 Cara Menanam Tanaman Sayur di Kebun agar Tumbuh Subur 

Kacang polong (Pisum sativum)

Selanjutnya, tanaman sayur yang tumbuh subur di pot adalah kacang polong. Tanaman ini dapat ditanam pada awal musim semi, kemudian ditanam lagi saat musim gugur.

Ada tiga jenis kacang polong, yakni kacang polong Inggris, kacang polong salju, dan kacang polong gula. Ketiganya sangat cocok untuk penanaman suksesi karena memperkaya tanah dengan nitrogen.

Tergantung pada varietas yang ditanam, sebagian besar kacang polong membutuhkan beberapa jenis penyangga.

Kentang (Solanum tuberosum)

Ilustrasi kentang, tanaman umbi yang banyak dijumpaiSHUTTERSTOCK/NEDNAPA Ilustrasi kentang, tanaman umbi yang banyak dijumpai
Kentang yang baru dipetik rasanya sangat berbeda dengan kentang yang dibeli di pasar atay supermarket. Kentang ini memiliki kandungan air lebih tinggi dan rasa pahit. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com