Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Bunga Berwarna Biru yang Cantik dan Menarik

Kompas.com - 01/10/2023, 21:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pernahkah Anda melihat bunga berwarna biru? Warna biru ternyata bisa dijumpai pada beberapa jenis bunga.

Bunga dengan warna biru memiliki tampilan yang cantik dan unik. Bahkan, bunga berwarna biru bisa tergolong langka karena pigmen biru jarang dijumpai pada tanaman.

Tanaman bunga warna biru akan membuat taman atau halaman rumah terlihat lebih indah. Dilansir dari Petal Republic, Minggu (1/10/2023), berikut ini beberapa jenis bunga berwarna biru yang bisa ditanam di rumah.

Baca juga: 7 Bunga Berwarna Ungu yang Cantik dan Menawan, Mana Kesukaan Anda?

1. Morning glory

Morning glory adalah salah satu bunga berwarna biru. Sesuai dengan namanya, bunga ini akan mekar di pagi hari.

Bunga morning glory berwarna biruShutterstock/chaistock Bunga morning glory berwarna biru

Morning glory tergolong sebagai tanaman hias yang cepat tumbuh. Selain berwarna biru, ada juga bunga morning glory yang berwarna ungu dan merah muda.

2. Bunga anemon biru

Anemon biru atau Anemonoides oregana merupakan bunga berwarna biru dari keluarga buttercup. Saat mekar, bunga ini tidak memiliki kelopak.

Namun, anemon memiliki beberapa sepal yang bertunas di samping benang sari kecil. Tak hanya warna biru, merah jambu, dan putih.

Baca juga: 10 Jenis Bunga Berwarna Putih yang Cantik dan Populer, Apa Saja?

3. Hydrangea

Hydrangea merupakan tanaman semak yang bunga berwarna biru. Biasanya, bunga ini mekar saat musim kemarau.

Hydrangea memiliki daun yang besar, sehingga cocok ditanam di taman rumah. Tanaman hydrangea bisa tumbuh dengan baik di tanah lembap dan drainasenya baik.

Namun, apabila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, sebaiknya tidak menanam bunga ini. Sebab bunga ini mengandung bahan kimia yang beracun untuk hewan peliharaan, terutama kucing.

4. Geranium

Jenis bunga berwarna biru lainnya yaitu geranium. Bunga ini banyak tumbuh di daerah pegunungan. Geranium memiliki lima kelopak.

Baca juga: Mengenal Geranium, Bunga Cantik yang Mampu Mengusir Nyamuk

Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh. Selain berwarna biru, ada juga bunga geranium berwarna ungu, merah jambu, atau putih.

Bunga clematis biruShutterstock/MOTOKO Bunga clematis biru

5. Clematis

Celamtis merupakan bunga yang masuk dalam keluarga buttercup ranunculaceae. Tanaman bunga ini tumbuh merambat, sehingga tampilannya semakin cantik.

Tanaman clematis bisa tumbuh di bawah sinar matahari penuh dan tanah lembap dengan drainase lancar.

6. Felicia daisy

Bunga aster felicia diketahui berasal dari Afrika Selatan. Bunga ini memiliki kelopak berukuran cukup kecil dan berwarna biru cerah yang cantik.

Bunga aster memiliki batang panjang berwarna hijau. Bentuk dan warna yang cantik membuat bunga ini cocok ditanam sebagai tanaman hias di rumah.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Daisy di Pot dengan Mudah

Itulah beberapa jenis bunga berwarna biru yang cantik dan bisa ditanam di halaman rumah. Untuk mendapatkan bunga yang cantik, perawatan harus dilakukan dengan maksimal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com