Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 15:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah dicuci, piring dan alat makan lainnya perlu dikeringkan. Tujuannya agar tidak menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

Biasanya, kita akan mengeringkan piring dengan cara meletakkan di atas rak yang ditempatkan dekat dengan wastafel. Meski bisa membuat piring kering, namun cara ini membutuhkan waktu cukup lama.

Bree Lemmen, Whirlpool Kitchen Brand Manager, menyarankan dua cara mengeringkan piring dengan cepat dan efektif. Dilansir dari Better Homes & Garden, Senin (25/9/2023), berikut ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 7 Barang yang Dapat Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring

Cara mengeringkan piring menggunakan kain

Kain yang digunakan untuk mengeringkan piring yaitu kain mikrofiber. Jenis kain ini bisa mengeringkan piring dengan cepat.

Jangan gunakan lap basah atau kotor karena bisa membawa bakteri dan kotoran lain ke piring yang sudah dicuci.

Jenis kain non-mikrofiber bersih juga sebaiknya tidak digunakan karena bisa meninggalkan serat pada alat makan tersebut.

Ilustrasi mengeringkan piring dalam dishwasher atau mesin pencuci piring.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi mengeringkan piring dalam dishwasher atau mesin pencuci piring.

Cara mengeringkan piring di mesin pencuci piring

Selain mengeringkan secara manual menggunakan kain mikrofiber, Anda juga bisa mengeringkan piring dalam mesin pencuci piring.

Lemmen menerangkan bahwa mode pengering yang sering digunakan yaitu mode panas kering. Namun, mode ini tidak bisa digunakan untuk mengeringkan semua jenis bahan.

Baca juga: Cara Menggunakan Dishwasher atau Mesin Pencuci Piring

Tak hanya menentukan mode pengeringan yang tepat, Lemmen juga memberikan sejumlah tips mengeringkan mengeringkan piring di dalam mesin pencuci piring.

Menggunakan mode bantuan bilas untuk mengeringkan barang plastik yang sulit dikeringkan karena bahan plastik memiliki konduktivitas termal yang rendah.

  • Memilih fitur extend head dry atau head dry, apabila ingin memastikan piring kering sempurna.
  • Selalu keluarkan piring dari bawah ke atas, agar sisa air di rak atas tidak menetes ke bagian bawah.

Cara mengeringkan piring yang harus dihindari

Mengeringkan piring menggunakan kain mikrofiber cukup mudah, namun memerlukan waktu dan tenaga lebih. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang, maka Anda bisa mengeringkan dalam mesin pencuci piring.

Baca juga: Simak, Begini Cara Mencuci Piring yang Benar

Meskipun demikian, pengeringan piring dalam mesin cuci perlu memperhatikan materialnya. Anda bisa membaca terlebih dahulu instruksi perawatan pada alat makan tersebut.

Hal tersebut dikarenakan tak semua material alat makan bisa dibersihkan dan dikeringkan dalam mesin pencuci piring.

Sementara itu, hal yang perlu dihindari saat mengeringkan piring yaitu jangan mengeringkan menggunakan tisu. Sebab, tisu bisa tertinggal di permukaan alat makan dan membuat alat makan menjadi kotor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com