Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Dinding, Ini 4 Bagian Rumah yang Perlu Dicat

Kompas.com - 20/09/2023, 14:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Dinding merupakan bagian rumah yang paling sering di cat. Setidaknya, satu tahun sekali pemilik akan mengecat ulang dinding rumahnya.

Dengan mengecat dinding, maka suasana rumah menjadi lebih hidup, ceria, hangat, dan cerah. Namun, selain dinding ternyata ada bagian rumah lain yang perlu dicat.

Dilansir dari Southern Living, Rabu (20/9/2023), berikut ini beberapa bagian rumah yang perlu dicat agar terlihat lebih menarik.

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Rumah dengan Cat

Mebel

Furnitur seperti mebel menjadi salah satu benda di rumah yang perlu dicat. Saat membelinya, biasanya mebel sudah dicat, namun seiring berjalannya waktu warna cat akan memudar.

Untuk membuat mebel terlihat baru, maka Anda perlu melakukan pengecatan ulang. Sebelum mengecat, Anda perlu memutuskan hasil akhir yang ingin ditampilkan, apakah ingin hasil yang mate, mengkilap, atau halus.

Ilustrasi mengecat plafon rumah, mengecat langit-langit rumah. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi mengecat plafon rumah, mengecat langit-langit rumah.

Sebab, hasil akhir cat akan mempengaruhi jenis cat yang digunakan. Setelah itu, Anda perlu melakukan pengecatan dengan teknik yang benar.

Selesai dicat, mebel perlu dilapisir dengan sealer agar cat lebih tahan lama dan hasilnya terlihat lebih menarik.

Baca juga: 4 Pilihan Cat Terbaik untuk Mengecat Furnitur Kayu

Jendela dan langit-langit

Jendela dan langit-langit juga menjadi bagian rumah yang perlu dicat, selain dinding. Shelby Van Daley, salah satu pendiri firma desain interior di Austin, Texas menerangkan bahwa mengecat jendela dan langit-langit bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik.

Anda bisa menggunakan warna yang menarik sesuai dengan konsep interior rumah untuk mengecat bagian ini. Untuk langit-langit, Anda bisa memasang wallpaper sehingga bagian ini terlihat elbih cantik.

Tak hanya wallpaper, langit-langit juga bisa dicat sesuai dengan warna dinding agar terlihat serasi dan cantik.

Lantai

Lantai rumah juga bisa dicat untuk membuat rumaah terlihat lebih menarik. Sebelum dicat, lantai perlu dibersihkan, dikeringkan, diamplas, dan dipoles terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Warna Cat Lantai Terbaik untuk Menyegarkan Ruangan

Kemudian, cat dan biarkan sampai kering. Sebelum kering, jangan letakkan furnitur atau benda apapun di atasnya.

Pintu

Bagian rumah yang perlu dicat lainnya yaitu pintu. Dengan mengecat pintu, maka rumah akan terlihat lebih menarik dan estetik.

Warna cat pintu bisa disesuaikan dengan konsep desain interior rumah. Sebaiknya, pintu perlu dicat ulang dengan rutin, terutama pintu luar karena mudah pudar akibat paparaan sinar matahari dan air hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com