Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Tangga yang Bisa Membuat Ruangan Lebih Menarik

Kompas.com - 12/09/2023, 15:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tangga adalah bagian dari rumah bertingkat yang menjadi penghubung antara lantai bawah dengan atas. Tangga juga bisa menjadi elemen dekorasi yang membuat rumah terlihat menarik.

Sebagai area yang sering dilewati, tangga harus dibuat senyaman mungkin. Material yang digunakan juga harus kokoh agar aman saat dilalui setiap hari.

Selain material, pemilihan model tangga juga perlu diperhatikan. Biasanya, jenis tangga disesuaikan dengan konsep interior rumah.

Baca juga: 4 Pilihan Tangga untuk Ruangan Terbatas

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (12/9/2023), berikut beberapa jenis tangga yang bisa menjadi inspirasi untuk tangga di rumah.

Tangga bercabang

Tangga ini biasanya ada di rumah dan hotel mewah yang ukurannya cukup besar. Tangga ini memiliki satu cabang besar, kemudian ada area pendaratan luas yang membagi tangga tersebut menjadi dua tangga yang lebih kecil.

Ilustrasi tangga apung di rumah kecil minimalisShutterstock Ilustrasi tangga apung di rumah kecil minimalis

Tangga ini biasanya mengarah ke lorong terbuka menghadap serambi. Ukuran yang besar, membuat tangga ini membutuhkan ruang yang besar dan biaya pembuatan yang cukup mahal.

Tangga apung

Tangga apung atau tangga kantilever juga menjadi salah satu jenis tangga yang sering ditemukan di rumah minimalis. Tangga ini memiliki tapak tanpa anak tangga atau ruang antar anak tangganya terbuka.

Baca juga: Feng Shui Larang Tangga Menghadap Pintu Masuk Rumah, Kenapa?

Anak tangganya terkadang menggunakan kaca atau kaca plexiglass untuk menciptakan kesan mengambang. Tangga ini memberikan kesan modern dan menarik.

Akan tetapi, tangga ini kurang sesuai untuk rumah yang terdapat anak kecil, hewan peliharaan, atau orang yang memiliki keterbatasan gerak karena bisa menimbulkan bahaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com