Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Bintik-bintik Coklat dan Hitam di Wajah Kucing, Berbahayakah?

Kompas.com - 12/09/2023, 08:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati bintik-bintik berwarna coklat dan hitam pada kucing peliharaan tentu membuat khawatir banyak pemilik. 

Biasanya, bintik-bintik tersebut menandakan ada masalah kesehatan yang dialami sahabat bulu. Bintik-bintik coklat dan hitam pada kucing ini banyak ditemukan pada kucing oranye atau oren. 

Baca juga: 7 Ras Kucing Paling Populer di Dunia, Mana Kesukaan Anda?

Biasanya, bintik-bintik tersebut muncul di hidung, bibir, dan tepi kelopak mata kucing oren. Lantas, perlukah mengkhawtirkan bintik-bintik tersebut? 

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (12/9/2023), berikut penjelasan seputar bintik-bintik coklat dan hitam pada kucing peliharaan

Mengapa kucing ores memiliki bintik hitam?

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/Peredniankina Ilustrasi kucing Ragdoll.
Penyebab paling umum dari bintik-bintik coklat dan hitam pada kucing adalah lentigo, yakni suatu kondisi genetik pada peningkatan jumlah melanosit epidermis.

Saat sel-sel penghasil pigmen ini berkembang biak, bintik-bintik coklat dan hitam kecil muncul di wajah kucing.

Kucing oren bukan satu-satunya yang terkena lentigo. Bintik hitam juga dapat muncul pada kucing kulit tortoiseshell, calico, kuning, dan titik api.

Kucing paruh baya hingga kucing yang lebih tua paling sering terkena lentigo, tetapi lentigo juga dapat muncul pada kucing yang masih berusia satu tahun. 

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Berkelahi Satu Sama Lain dan Cara Mengatasinya

Tanda-tanda lentigo pada kucing 

Ketika pertama kali muncul pada kucing, lentigo biasanya muncul di bibir dalam bentuk bintik-bintik kecil sebelum menyebar ke kelopak mata, gusi, dan hidung.

Seiring bertambahnya usia kucing, bintik-bintik tersebut akan semakin meluas dan  membesar. Sering kali, sekelompok kecil bintik akan tumbuh bersama untuk membentuk bercak pigmen yang besar.

Lesi kecil dapat muncul berdekatan, mengubah warna pada area yang lebih luas. Lesi berwarna coklat atau hitam, berukuran kecil, dan biasanya datar, tetapi mungkin tampak terangkat.

Dengan batas jelas, tidak ada kemerahan atau perubahan kulit lainnya di sekitar lesi. Kucing juga terlihat nyaman dengan "bintik-bintik" ini karena tidak terasa gatal atau iritasi.  

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan saat Mengadopsi Kucing Liar

Penyebab bintik-bintik coklat dan hitam pada kucing 

Ilustrasi cara merawat kucing Persia.Shutterstock/choosangyeon Ilustrasi cara merawat kucing Persia.
Meski bintik-bintik coklat dan hitam pada kucing dikaitkan dengan paparan sinar matahari pada manusia, penyebab pasti lentigo pada kucing tidak diketahui.

Munculnya bintik-bintik coklat dan hitam pada kucing ini tampaknya tidak bertepatan dengan peningkatan paparan sinar matahari.

Terlepas dari pemicu yang mendasarinya, bintik-bintik lentigo terjadi akibat sel penghasil pigmen yang disebut melanositmemproduksi lebih banyak melanin daripada kulit di sekitarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com