Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatur pH Air di Akuarium agar Tetap Stabil

Kompas.com - 10/09/2023, 12:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai pH air akuarium penting untuk diperhatikan. Walaupun didalam akuarium berisi ikan yang umumnya bisa mentoleransi nilai pH, namun ikan-ikan membutuhkan pH yang konstan.

Tingkat pH yang ideal untuk menunjang pertumbuhan ikan maupun organisme lain dalam akuarium yaitu antara 7,6 sampai 8,4.

Namun, ada juga organisme yang sensitif sehingga pH perlu diatur di angka 8,0 sampai 8,4. Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (10/9/2023), berikut ini cara mengatur pH air akuarium dengan mudah.

Baca juga: Berapa Kadar pH Air Ideal untuk Ikan Cupang? Simak, Ini Penjelasannya

Apa itu pH?

pH atau derajat keasaman merupakan standar pengukuran keasamanan atau kebasaan larutan. pH 7 merupakan pH netral, sedangkan di atas 7 termasuk basa dan di bawah 7 bersifat asam.

Umumnya, pH air akuarium bersifat asam karena dipengaruhi oleh penambahan asam dalam akuarium tersebut. Asam-asam berasal dari karbon dioksida dari hasil respirasi, asam nitrat dari filtrasi biologis, dan asam organik dari sisa metabolisme.

Ilustrasi akuarium di ruang tamu. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi akuarium di ruang tamu.

Di alam pH air tidak berubah karena memiliki sejumlah bahan kimia seperti bikarbonat, kalsium, karbonat, borat, dan hidroksida yang berperan sebagai buffer atau penyangga alami yang memperlambat penurunan pH.

Di akuarium jika pH mulai turun, maka bisa diindikasikan bahwa buffer mulai rusak, sehingga menyebabkan peningkatan keasaman larutan.

Baca juga: Mengganti Air Akuarium Bisa Bikin Ikan Mati?

Cara mengatur pH air di akuarium

Seringkali pH air akuarium mengalami kenaikan atau penurunan. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur pH air dalam akuarium.

  • Menaikkan pH

Cara termudah untuk menaikkan pH air akuarium yaitu dengan menambahkan soda bikarbonat atau soda kue. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk khusus untuk meningkatkan pH yang bisa dibeli di pasaran.

  • Menurunkan pH

Cara cepat untuk menurunkan pH air yaitu dengan memberikan sedikit cuka, air lemon, atau produk penurun pH komersial. Bahan-bahan tersebut bersifat asam, sehingga ketika diberikan ke air akan mengubah pH air yang awalnya basa menjadi lebih netral.

  • Menstabilkan pH

Agar pH air tetap stabil, maka air akuarium perlu rutin dibersihkan. Selain itu, bisa dilakukan dengan cara menyegarkan buffer alami dan mengembalikan mineral dalam air akuarium.\

Baca juga: Cara Mudah Mengisi dan Mengganti Air Akuarium Ikan Hias

Hal lain yang perlu dilakukan yaitu mengurangi penyebab penurunan pH seperti rutin membersihkan kotoran dan sisa makanan ikan.

Apabila ingin menaikkan atau menurunkan pH, lakukan secara perlahan agar ikan dan organisme lain bisa beradaptasi dengan baik.

Cara mencegah masalah pH air di akuarium

Salah satu penyebab masalah pH air di akuarium yaitu karena adanya sisa makanan dan kotoran yang terurai menjadi amonia. Untuk mencegah hal tersebut, maka akuarium perlu rutin dibersihkan.

Air dalam akuarium juga perlu rutin diganti. Air yang bersih juga bisa membuat ikan dan organisme lain di dalamnya bisa tumbuh dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com