Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Tanaman Hydrangea untuk Kucing, Bisa Sebabkan Keracunan

Kompas.com - 10/09/2023, 08:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Hydrangea atau hortensia adalah tanaman bunga yang bentuk dan warnanya cantik. Tanaman ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias di rumah karena bisa membuat hunian semakin estetik.

Namun, apabila Anda memelihara kucing di rumah, sebaiknya tidak menanam tanaman ini. Pasalnya, hydrangea ternyata berbahaya untuk kucing.

Mengapa tanaman hydrangea berbahaya untuk kucing? Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (10/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Hati-hati, 5 Tanaman ini Beracun untuk Kucing

Bahaya tanaman hydrangea untuk kucing

Hydrangea mengandung bahan kimia yang disebut glikosida sianogenik. Bahan kimia ini bisa menjadi racun bagi kucing maupun manusia.

Ketika dikunyah atau tertelan, bahan kimia tersebut akan terlepas dan menimbulkan beberapa gejala seperti mudah, diare, dan lesu.

Ilustrasi bunga hydrangea.PIXABAY/HELGA KATTINGER Ilustrasi bunga hydrangea.

Glikosida sianogenik termasuk senyawa yang bisa melepaskan sianida saat bersentuhan dengan enzim tertentu dalam saluran pencernaan. Tingkat toksisitas senyawa ini tergantung pada jenis hydrangea dan jumlah yang tertelan.

Namun, dalam jumlah berapapun sianida sangat berbahaya bagi kucing. Ada lebih dari 75 jenis hydrangea dan semuanya mengandung racun berbahaya bagi kucing apabila tertelan dalam jumlah banyak.

Akan tetapi, jenis hydrangea yang paling beracun yaitu Hydrangea macrophylla. Tanaman hias ini mengandung zat yang bisa menyebabkan muntah, diare, dan lesu pada kucing.

Baca juga: Hati-hati, Ini Daftar Bunga Lily Paling Beracun untuk Kucing

Bunga hydrangea tersebut mengandung racun lebih tinggi dibandingkan daun atau batangnya. Jika mendapati kucing Anda menelan bunga hydrangea, segera bawa ke dokter hewan terdekat.

Ciri-ciri kucing keracunan hydrangea

Sama halnya seperti manusia, saat kucing keracunan juga akan menunjukkan ciri tertentu. Saat kucing Anda keracunan hydrangea, mungkin akan muncul beberapa ciri berikut:

  • Muntah
  • Diare
  • Kehilangan nafsu makan
  • Lesu, lemah, atau depresi
  • Sulit bernapas
  • Kejang
  • Gusi pucat atau biru
  • Detak jantung cepat
  • Mengeluarkan air liur terus menerus

Baca juga: Jangan Ditanam, Ini 5 Bunga yang Beracun untuk Kucing Peliharaan

Ilustrasi kucing sakitPixabay Ilustrasi kucing sakit

Cara mengatasi kucing yang keracunan tanaman hydrangea

Apabila kucing tidak sengaja menggigit tanaman hydrangea, segeralah untuk mengeluarkan tanaman tersebut sebelum tertelan. Kemudian, hubungi dokter hewan dan konsultasikan kondisi tersebut ke ahlinya.

Lalu, awasi kucing dengan cermat apabila terdapat tanda tidak normal, segera untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan. Jika memungkinkan, bawa juga tanaman yang telah dikonsumsi teman bulu.

Jangan mencoba memaksa kucing untuk muntah, kecuali jika diinstruksikan oleh dokter hewan. Perlu diketahui bahwa tidak ada obat untuk keracunan hydrangea, namu dokter mungkin akan memberikan arang aktif untuk membantu menyerap racun dan memberikan perawatan intensif lainnya.

Baca juga: Hati-hati, Ini 5 Makanan Paling Berbahaya untuk Kucing Peliharaan

Itulah penjelasan mengenai bahaya tanaman hydrangea untuk kucing. Meskipun memiliki penampilan yang cantik, sebaiknya tidak menanam bunga ini jika Anda memiliki kucing di rumah untuk mencegah keracunan pada hewan peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com