Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Sarang Lebah Tanpa Bahan Kimia

Kompas.com - 05/09/2023, 17:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lebah merupakan salah satu hama yang biasanya ditemukan di sekitar taman rumah. Lebah akan berkembang biak dalam sarang.

Keberadaan sarang lebah di dekat rumah bisa membahayakan karena hewan ini bisa menyengat orang dan menimbulkan alergi.

Maka dari itu, jika menjumpai sarang lebah di sekitar rumah, sebaiknya segera lakukan tindakan untuk menghilangkannya agar tidak membahayakan keselamatan penghuni rumah.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Sarang Lebah di Rumah Secara Aman

Dilansir dari House Digest, Selasa (5/9/2023), sarang lebah ternyata bisa dihilangkan tanpa menggunakan bahan kimia. Cara ini dinilai lebih aman dan tidak mengganggu keseimbangan ekosistem.

Bagi Anda yang menemukan sarang lebah di sekitar rumah, berikut cara menghilangkan sarang lebah tanpa bahan kimia dengan mudah.

Ilustrasi sarang lebah di taman rumahShutterstock/Mircea Costina Ilustrasi sarang lebah di taman rumah

Perangkap untuk menghilangkan sarang lebah

Untuk menghilangkan sarang lebah, Anda bisa menggunakan perangkap lebah. Perangkap ini bisa dibuat sendiri di rumah menggunakan botol air mineral bekas berukuran 2 liter.

Botol tersebut kemudian dipotong menjadi dua bagian. Bagian bawah digunakan untuk meletakkan campuran gula, cuka dan sabun. Kemudian, bagian atasnya dibalikkan, sehingga membentuk seperti corong.

Baca juga: 6 Langkah Aman Menyingkirkan Sarang Lebah di Rumah

Lalu, gantungkan perangkap di area yang biasa dilalui lebah. Nantinya lebah akan masuk ke dalam perangkap tersebut dan terjebak di dalamnya.

Cara mencegah sarang lebah di rumah

Jika sarang lebah belum ada di sekitar rumah, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya dengan memanfaatkan minyak peppermint karena aromanya tidak disukai lebah.

Caranya dengan mencampurkan minyak peppermint dengan air dan sabun cuci piring. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.

Lalu, semprotkan larutan tersebut di area yang berpotensi menjadi sarang lebah. Selain menggunakan minyak atsiri, pencegahan sarang lebah di rumah juga bisa dengan rutin memotong rumput.

Taman yang dipenuhi kutu dan lalat kecil menjadi tempat yang paling disukai lebah. Maka dari itu, penting untuk memotong rumput agar tidak ada kutu dan lalat yang memicu lebah membuat sarang.

lebahpexels.com lebah

Baca juga: Cara Membasmi Lebah di Rumah Tanpa Membunuhnya

Selain itu, lebah juga menyukai sisa makanan. Maka dari itu, tempat sampah di luar rumah harus selalu ditutup dan dikosongkan, agar lebah tidak mendekat.

Jika pada halaman terdapat pohon buah, rutinlah untuk membersihkan buah yang jatuh untuk mencegah lebah datang ke tempat tersebut. Bunga-bunga juga menjadi penarik lebah.

Oleh karena itu, bunga yang beraroma wangi dan berpotensi mengundang lebah, sebaiknya ditempatkan di area yang tidak dilewati manusia.

Baca juga: Cara Mengusir Lebah Pemotong Daun dari Tanaman Bunga Mawar

Bertujuan agar mobilitas manusia tidak terganggu akibat sarang lebah di sekitar bunga tersebut.

Itulah beberapa cara menghilangkan sarang lebah dengan mudah. Cara tersebut lebih aman karena tidak menggunakan bahan kimia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com