Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 7 Kesalahan Menata Dapur yang Sering Dilakukan

Kompas.com - 25/08/2023, 13:32 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan area tersibuk di rumah yang menyimpan berbagai barang, dari peralatan memasak hingga peralatan makan.

Tak heran, dapur mudah berantakan dan menatanya bisa menjadi tantangan. Maka itu, penting menjaga dapur tetap rapi dan teratur, salah satunya memilih penyimpanan yang tepat serta memaksimalkan ruang. 

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Dapur yang Cantik dan Menarik

Selain itu, penting pula menyingkirkan barang yang tidak diperlukan.

Untuk memudahkan Anda, berikut sejumlah kesalahan menata dapur yang harus dihindari dikutip dari Southern Living, Jumat (25/8/2023).

Menyimpan barang yang sering digunakan di tempat yang sulit dijangkau

Audra George, professional organizer dan pemilik Pretty Neat: An Organization Solution, mengatakan barang apa pun yang sering digunakan di dapur harus mudah diakses untuk menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi sepanjang hari. 

Crimsyn Hawk, professional organizer dan pemilik Spaced Organization, menambahkan penting meluangkan waktu dan mencari tahu tata letak ideal Anda, kemudian bisa melanjutkannya dan membuat sistem yang sesuai.

Baca juga: 7 Cara Menata Dapur Kecil dengan Sempurna Menurut Profesional

Menyimpan barang duplikat yang tidak perlu

Hindari menyimpan barang duplikat yang tidak perlu. Hawk memberi contoh, memiliki lebih dari satu gelas ukur akan bermanfaat ketika memasak makanan dalam jumlah besar.

"Namun, tidak banyak alasan memiliki dua atau tiga pembuka kaleng. Idealnya, hanya menyimpan apa yang diperlukan untuk rutinitas dan kecenderungan kita," katanya.

Ia menambahkan, barang-barang bisa disimpan lebih rapi di laci tanpa ada barang berlebih. Hal ini membuat barang-barang mudah diakses dan disimpan kembali dengan rapi.

Baca juga: 5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Dapur agar Terasa Lebih Luas

Menyimpan barang-barang yang jarang digunakan di penyimpanan utama

Menurut George, sebaiknya jangan biarkan barang-barang yang jarang digunakan mengambil tempat utama di penyimpanan dapur.

"Simpan barang-barang ini di tempat tinggi dan jauh dari jangkauan sampai Anda membutuhkannya," ucapnya.

Menyimpan barang sejenis di beberapa area dapur

Simpan barang-barang serupa yang secara logika bisa disatukan di area atau zona yang sama di dapur. George menyarankan menyimpan semua makanan di satu area dapur dan semua peralatan pemanggang di area lain.

"Hal ini memudahkan Anda menemukan apa yang dobutuhkan dengan cepat dan memungkinkan semua orang di rumah mengetahui tempat menemukan barang dan meletakkannya kembali," imbuhnya.

Baca juga: 13 Ide Menata Dapur Kecil agar Bebas Berantakan dan Sedap Dipandang

Menggunakan ruang secara tidak efisien

Saat memilih produk pengorganisasian, penting mendapatkan ukuran tepat. Menurut Hawk, solusi penyimpanan yang tidak pas bisa jadi tidak memberi manfaat.

"Sebagai contoh, jika memiliki pengatur alat makan yang terlalu kecil untuk laci dan menyisakan celah besar di sisi-sisinya, Anda akan cenderung mengisi celah tersebut dari waktu ke waktu dengan barang-barang yang tidak semestinya," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com