Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Dapur agar Terasa Lebih Luas

Kompas.com - 25/08/2023, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Perasaaan lapang menjadi sesuatu yang dicapai semua orang di rumah mereka karena ide merasa sempit dan terkurung di dalam empat dinding tidak pernah ideal. 

Salah satu cara terbaik melakukannya adalah memastikan barang-barang di rumah tidak terlalu banyak, terutama rumah dengan luas terbatas.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Dapur yang Cantik dan Menarik

Demikian pula, keputusan desain yang tidak tepat juga dapat menyebabkan rumah terasa sempit dan tidak seluas yang diinginkan.

Dapur adalah salah satu ruangan di rumah yang membutuhkan ruang luas. Maka itu, perlu menyingkirkan barang yang tidak perlu untuk membuat ruang terasa lebih besar. 

Nah, dilansir dari Ideal Home, Jumat (25/8/2023, berikut sejumlah barang yang harus disingkirkan dari dapur agar lebih luas menurut para desainer.  

Baca juga: 5 Cara Memilih Warna Cat Dapur Farmhouse, Tak Selalu Putih

Meja makan yang terlalu besar

Ilustrasi dapur.Unsplash/sidekix Ilustrasi dapur.
Meski terlihat seperti trik cerdas, barang-barang berukuran besar tidak selalu membuat ruangan terasa lebih besar.

Faktanya, Jen Nash, Pemimpin Desain Senior di Magnet, mengatakan hal ini sebaliknya sering terjadi di dapur. "Memaksakan meja makan besar dengan kursi hanya akan membanjiri ruangan dan membuat alirannya tidak praktis."

Di dapur yang lebih kecil, Nash menyarankan memasang meja makan lipat, bahkan rak kayu yang panjang dan kokoh di dinding untuk digunakan sebagai bar sarapan.  

"Jika Anda bisa memasukkan meja, sebaiknya pilih desain yang membulat karena ujung-ujungnya yang lebih lembut tidak terlalu mengganggu di ruangan yang kecil," jelasnya. 

Baca juga: 7 Cara Menyegarkan Tampilan Dapur tanpa Renovasi 

Ubin lantai kecil

Selanjutnya, barang yang harus disingkirkan dari dapur adalah ubin lantai kecil. Bukan hanya barang berukuran besar yang bisa membuat ruangan terasa lebih kecil.

Pilihan desain tertentu juga bisa memberikan ilusi ruang lebih kecil, bahkan jika ruangan  memiliki ukuran luas. 

Jen menjelaskan, di dapur misalnya, ide ubin lantai dapur yang kecil dapat membuat ruangan terasa lebih kecil dari sebenarnya.

Sering kali, orang berpikir ubin lantai kecil di dapur yang ringkas adalah pilihan terbaik karena ukurannya proporsional dengan ruangan.

Namun, di dapur kecil, semakin besar ubin lantai, semakin halus garis natnya, maka ruangan akan terlihat dan terasa lebih luas.

Jen menjelaskan, garis nat segitiga, misalnya, akan mengarahkan mata Anda di sepanjang dapur serta meningkatkan perspektif dan bentangan ruangan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com