Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2023, 20:26 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing sering kali menunjukkan perilaku lucu agar mendapat perhatian dari pemiliknya, salah satunya berguling-guling di rumput.

Biasanya, sahabat bulu melakukannya saat diajak bermain di taman. Tingkah laku tersebut bisa membuat kita yang melihatnya terhibur sekaligus kesal karena menyebabkan tubuh anjing kotor.

Namun, di balik perilaku tersebut lucu, ternyata ada beberapa alasan anjing berguling-guling di rumput. Dilansir dari Pet MD, Rabu (23/8/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Anjing Senang Berguling-guling di Rumput

Menutupi aroma tubuh

Ilustrasi ras anjing Markiesje berguling di rumputSHUTTERSTOCK/EV_PARASOCHKA Ilustrasi ras anjing Markiesje berguling di rumput

Dahulu, nenek moyang anjing merupakan hewan pemburu dan akan menutupi aromanya dengan cara berguling-guling di rumput atau tanah.

Dengan asumsi, di tempat berguling tersebut pernah ada hewan lain yang membuang kotoran. Dengan berguling, aroma tubuh anjing tidak tercium dan bisa lebih dekat dengan mangsanya.

Meski sudah didomestikasi atau dijinakkan, sifat alami ini masih tetap terbawa anjing hingga sekarang, termasuk anjing peliharaan.

Selain itu, biasanya anjing berguling-guling di rumput setelah dimandikan guna menghilangkan aroma sabun dan sampo yang menempel di badannya. 

Baca juga: 3 Penyebab Anjing Menyembunyikan Makanan dan Cara Menghentikannya

Media komunikasi

Alasan anjing berguling-guling di rumput ternyata menjadi salah satu media komunikasi. Dengan berguling-guling di rumput, aroma tubuh anjing akan tertinggal di tempat tersebut.

Hal ini akan membuat anjing atau hewan lain mengetahui keberadaan hewan peliharaan Anda.

Gatal-gatal

Anjing tidak bisa menjangkau seluruh tubuhnya. Saat merasa gatal, biasanya anjing akan berguling-guling untuk meredakan rasa gatal. 

Apabila khawatir anjing mengalami infeksi, sebaiknya mengajak anjing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan tepat. 

Baca juga: 6 Penyebab Anjing Menggigit Orang dan Hewan Lain

Sedang bersenang-senang

Tak jarang, anjing berguling-guling di rumput jkarena sedang merasa senang. Biasanya, anjing akan berguling di rumput untuk berekspresi kesenangan tersebut. 

Jika demikian, Anda bisa memberikan waktu untuk anjing menyalurkan emosinya, bahkan bila perlu memberikan mainan kesukaannya.

Bagaimana cara menghentikan anjing yang sering berguling-guling di rumput?

Berguling-guling di rumput sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja ada beberapa kondisi kesehatan yang memungkinkan anjing berperilaku seperti itu.

Ilustrasi ras anjing Drentse Patrijshond berguling di rumputSHUTTERSTOCK/CAVAN-IMAGES Ilustrasi ras anjing Drentse Patrijshond berguling di rumput

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com