Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2023, 11:13 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan hewan peliharaan yang lincah dan memiliki sejumlah perilaku yang membuat pemiliknya bertanya-tanya, salah satunya sering menyembunyikan makanan.   

Biasanya, anjing menyembunyikan makanan di beberapa tempat di rumah yang dianggap aman, seperti bawah karpet, area tempat tidur dan selimut, belakang bantal sofa, dan di antara tumpukan cucian kotor.   

Baca juga: 6 Penyebab Anjing Menggigit Orang dan Hewan Lain

Lantas, apa yang membuat anjing menyembunyikan makanan?

Dilansir dari Barc London, Senin (21/8/2023), berikut sejumlah penyebab anjing menyembunyikan makanan.

Naluri alami 

Ilustrasi anjing memakan wortel.Shutterstock/Anna Tronova Ilustrasi anjing memakan wortel.

Menyembunyikan makanan merupakan perilaku alami anjing yang berasal dari nenek moyang mereka. Perilaku ini adalah keterampilan yang memastikan makanan terus tersedia.

Walau sudah dijinakkan menjadi hewan peliharaan, anjing masih memiliki kemampuan menyembunyikan makanan tersebut meski makanan selalu tersedia.  

Baca juga: Mengapa Anjing Menjulurkan Lidah Terus Menerus?

Memiliki banyak makanan

Saat memiliki makanan banyak, biasanya anjing akan menyisakan dan menyimpan makanan tersebut untuk dikonsumsi kemudian atau keesokan hari. Perilaku ini menandakan anjing bukan hewan yang serakah dan hanya akan mengonsumsi makanan secukupnya.

Namun, tak menutup kemungkinan anjing terkadang dapat langsung menghabiskan semua makanan meski sudah kenyang. Jika hal ini terus berlangsung, anjing peliharaan bisa berisiko mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. 

Baca juga: 5 Alasan Anjing Menjilati Pemiliknya dan Cara Menghentikannya 

Merasa cemas

Selanjutnya, penyebab anjing menyembunyikan makanan karena merasa cemas. Perasaan ini dapat dipicu cerita masa lalunya dan biasanya banyak dirasakan anjing yang pernah hidup di alam bebas.

Di alam bebas, anjing harus bersaing dengan hewan lain. Hal ini membuatnya harus menyembunyikan makanan saat memilikinya.

Perilaku ini terkadang masih terus terbawa meski anjing telah dijinakkan atau menjadi hewan peliharaan. Anjing merasa khawatir makanannya akan direbut hewan peliharaan lain sehingga memilih menyembunyikannya. 

Kondisi lingkungan juga sangat mempengaruhi perilaku ini. Anjing yang berada di lingkungan kurang aman biasanya akan menyembunyikan makanannya terlebih dulu, lalu mengambil kembali saat sudah merasa tenang dan aman. 

Baca juga: Mengapa Anjing Berperilaku Patuh?

Cara menghentikan perilaku anjing menyembunyikan makanan 

Ilustrasi anjing makan tulangFREEPIK.COM Ilustrasi anjing makan tulang

Meski menyembunyikan makanan merupakan sifat alami anjing, tetapi ini bisa dihentikan. Ada beberapa cara menghentikan perilaku anjing menyembunyikan makanan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com