Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2023, 16:36 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah. Penting untuk membuatnya nyaman dan fungsional sekaligus memiilki estetika yang baik.

Untuk itu, terdapat sejumlah kesalahan yang perlu dihindari seperti tata letak yang penuh sesak hingga memadukan terlalu banyak pola di ruangan. Untungnya, kesalahan-kesalahan tersebut tidak sulit diperbaiki.

Baca juga: 7 Kesalahan Mendesain Dapur yang Harus Dihindari Menurut Para Ahli

Dikutip dari Woman and Home, Minggu (6/8/2023), berikut sejumlah kesalahan saat mendesain ruang tamu yang harus dihindari.

Ilustrasi ruang tamu bernuansa modern dengan sofa warna hijau. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu bernuansa modern dengan sofa warna hijau.

1. Membeli karpet dengan ukuran yang salah

Karpet merupakan cara yang bagus untuk menyatukan skema ruang tamu. Namun, salah satu kesalahan terbesar saat memiih karpet ruang tamu adalah memilih ukuran terlalu kecil.

Jodie Hatton, Design Manager di Brintons, mengatakan ukuran karpet bergantung pada preferensi pribadi, namun biasanya ia menyarankan karpet yang diletakkan di bawah susunan furnitur agar cukup terlihat sehingga tenunan dan polanya masih terlihat dengan indah.

Menurutnya, setiap karpet harus cukup terlihat untuk membuat 'pernyataan' desainnya sendiri di dalam ruangan.

Baca juga: 8 Warna Karpet Terbaik yang Cocok untuk Semua Dekorasi

2. Menggantung gorden terlalu rendah

Memasang rel gorden tepat di atas bingkai jendela dapat memiliki efek membuat langit-langit tampak lebih rendah dan jendela tampak lebih kecil.

Yvonne Keal, Senior Product Manager di Hillarys, menyarankan memasang gorden beberapa inci di atas bingkai jendela untuk menambah kesan tinggi pada ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com