Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendekorasi Ruang Tamu Berbentuk Panjang dan Sempit

Kompas.com - 21/01/2023, 12:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi banyak rumah, ruang tamu menjadi ruangan pertama yang dimasuki saat tiba di rumah. 

Selain itu, ruang tamu menjadi ruanga menyambut tamu yang berkunjung dan terkadang menjadi tempat berkumpul. Tak heran, menjadi ruang tamu sebagai ruangan fungsional. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Kecil ala Instagram

Untuk itu, penting memilih tata letak yang tepat untuk ruang tamu. Namun, bila memiliki ruang tamu berbentuk persegi, memilih tata letak dan mendekorasinya terbilang mudah dilakukan. 

Sayangnya, tidak semua rumah ditata dengan ruang tamu yang berbentuk ideal itu, entah itu rumah tua, rumah petak, maupun apartemen.

Beberapa rumah memiliki ruang tamu berbentuk panjang dan sempit sehingga sulit menemukan lokasi terbaik untuk meletakkan furnitur dan menciptakan desain kohesif yang tetap berfungsi baik.

Baca juga: 10 Tren Ruang Tamu Modern 2023, Furnitur Besar hingga Dinding Gelap

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi ruang tamu, ilustrasi plafon dicat.SHUTTERSTOCK / Archi_Viz Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi ruang tamu, ilustrasi plafon dicat.
Namun, dengan membuat strategi mendekati ruang tamu yang panjang dan sempit adalah cara terbaik memastikan mendapatkan tata letak sempurna. 

Dilansir dari House Digest, Sabtu (19/1/2023), angkah pertama mendesain tata letak ruang tamu adalah memperhatikan pintu, jendela, tangga, dan fitur permanen lainnya.

Anda harus menempatkan furnitur di sekitar detail yang tidak dapat dipindahkan ini untuk menciptakan aliran baik ke seluruh ruangan.

Menjaga aliran dalam pikiran memastikan Anda tidak perlu bergoyang, berbelok ke samping, atau merasa tertekan saat menavigasi melalui ruangan ke ruangan berikutnya. 

Baca juga: 6 Tips Dekorasi Ruang Tamu Berbentuk Persegi Panjang

Namun, dalam membuat jalan melalui ruang, Anda tidak boleh membuat tata letak furnitur terasa sesak.

Menurut Mix and Match Design, perabot utama, seperti kursi, sofa, dan meja kopi idealnya memiliki jarak antara 70-90 sentimeter atau setidaknya 45-60 sentimeter antarbagian.

Lorong harus memiliki lebar antara 90 sentimeter dan satu meter. Jalan setapak tidak harus lurus dari satu pintu ke pintu berikutnya. Ini dapat memutar fitur furnitur dan ruangan.  

Baca juga: 11 Warna Ruang Tamu yang Akan Populer pada 2023

Buat zona

Dengan ruangan yang panjang dan sempit, salah satu tantangannya adalah menciptakan ruang yang terasa kohesif.

Mungkin sulit menghubungkan satu ujung ruangan ke ujung lainnya. Triknya bukan memikirkan ruangan secara keseluruhan, tetapi sebagai bagian yang terpisah.

Anda tidak ingin berteriak ke seberang ruangan untuk berbicara dengan anggota keluarga. Jadi, menempatkan dua sofa di kedua sisi ruangan tidak masuk akal.

Pecah ruangan menjadi beberapa area, tergantung pada kebutuhan dan gaya hidup Anda. Jika Anda penggemar hiburan, area percakapan dengan sofa dan meja kopi adalah paling masuk akal. 

Baca juga: 5 Tren Warna Ruang Tamu yang Akan Berakhir pada Tahun 2023

Apabila Anda suka menonton film, pusatkan area di sekitar televisi. Jika Anda senang menghabiskan berjam-jam membaca, ruang dengan rak buku dan kursi yang nyaman menjadi pilihan tepat.

Membuat zona ini akan memecah denah lantai yang janggal menjadi area lebih kecil dan fungsional.

Gunakan karpet, rak terbuka, tanaman, dan furnitur untuk menciptakan pembagian antarzona. Jalan setapak melalui ruangan juga bisa berfungsi sebagai pembatas alami antarzona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com