Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dengan Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 31/07/2023, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabun pencuci piring memiliki daya pembersih yang bagus untuk mencuci piring, peralatan makan, dan peralatan masak lainnya.

Selain itu, sabun cuci piring mampu memotong lemak dan membuat benda-benda menjadi bersih. Cukup dengan spons bagus dan banyak air panas, Anda bisa membersihkan apa saja menggunakan sabun cuci piring. 

Namun, dilansir dari Apartement Therapy, Senin (31/7/2023), ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dengan sabun cuci piring seperti berikut ini. 

Baca juga: Jangan Bersihkan 7 Benda Ini Pakai Sabun Cuci Piring, Bisa Rusak

Mencampurnya dengan pemutih

Ilustrasi pemutih.SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi pemutih.
Ketika berbicara tentang pembersih, Anda tidak boleh mencampurkan beberapa bahan pembersih dengan produk pembersih lain karena beberapa campuran bisa menjadi racun.

Misalnya, jangan pernag mencampur sabun cuci piring dengan pemutih, amonia, atau pembersih lainnya.  Gunakan sabun cuci piring secara tersendiri untuk membersihkan sejumlah hal. 

Cuci wajan besi cor 

Selanjutnya, hal yang tidak boleh dilakukan dengan sabun cuci piring adalah menggunakannya untuk mencuci wajan besi cor.

Meski beberapa orang berpikir tidak masalah menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan wajan besi cor, aturan praktisnya adalah jangan.

Sebagai gantinya, gunakan minyak dan garam untuk membersihkan wajan besi cor. 

Baca juga: 5 Kegunaan Sabun Cuci Piring Selain Membersihkan Peralatan Makan

Cuci teko moka  

Seiring berjalannya waktu, minyak kopi akan membumbui teko moka. Namun, mencuci teko moka tidak boleh menggunakan sabun cuci piring karena dapat menghilangkan lapisan tipis berminyak tersebut.

Produsen merekomendasikan membersihkan teko moka menggunakan air biasa.

Memasukkan ke mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/LESZEK GLASNER Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.
Anda mungkin tergoda memasukkan sabun cuci piring ke mesin pencuci piring jika kehabisan sabun khusus pencuci piring. 

Meski keduanya sama-sama membersihkan piring, ini menjadi hal yang tidak boleh dilakukan dengan sabun cuci piring. Sebab, kedua formulanya sama sekali berbeda dan campuran sabun cuci piring yang sangat berlumpur dapat merusak mesin pencuci piring.

Paling tidak menyebabkan gelembung-gelembung berlimpah keluar dari mesin cuci piring. 

Baca juga: Sabun Cuci Piring dan Daun Sirsak Bisa Atasi Daun Cabai Mengeriting

Memasukkan ke mesin cuci 

Selain itu, hal yang tidak boleh dilakukan dengan sabun cuci piring adalah memasukkannya ke mesin cuci. Sabun cuci piring tidak diformulasikan untuk digunakan di mesin cuci.

Tidak masalah menggunakannya untuk membersihkan kain yang lebih kuat, bukan kain halus seperti sutra atau kulit. 

Namun, memasukkan sabun cuci piring ke mesin cuci untuk mencuci pakaian bisa menimbulkan lebih banyak busa daripada yang dapat ditangani mesin. 

Baca juga: Trik Membuat Sebotol Sabun Cuci Piring Bertahan Setahun 

Mencuci mobil 

Terakhir, hal yang tidak boleh dilakukan dengan sabun cuci piring adalah mencuci mobil. Seba, sabun cuci piring memiliki daya pembersih yang kuat. Cat mobil terlihat kuat, tapi sebenarnya lemah.

Menggunakan pembersih yang keras dapat mengikis lapisan cat, membuatnya lebih rentan terhadap kusam. Jadu, gunakan pembersih khusus untuk mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com