Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Botol Air Minum Tidak Dicuci Sebulan, Ini yang Akan Terjadi

Kompas.com - 10/07/2023, 12:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa botol air minum adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi tanpa membuang-buang uang untuk membeli air minum dalam kemasan. Selain itu, menggunakan botol air minum adalah salah satu upaya melestarikan lingkungan.

Akan tetapi, jika Anda memiliki kebiasaan membawa botol air minum ke mana pun Anda pergi, kapan terakhir kali Anda mencucinya?

Dikutip dari Best Life, Senin (10/7/2023), para ahli mengatakan banyak orang gagal membersihkan botol air minum cukup sering, membuatnya rentan terhadap bakteri berbahaya yang dapat menumpuk seiring waktu.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Botol Air Minum

Mencuci peralatan makan hingga bersih sebelum digunakan adalah salah satu cara mencegah hepatitis A.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Mencuci peralatan makan hingga bersih sebelum digunakan adalah salah satu cara mencegah hepatitis A.

Faktanya, berbagai macam penyakit bisa muncul akibat kebersihan botol air minum yang buruk, terutama jika Anda menggunakan jenis botol tertentu. Nah, apa yang terjadi jika Anda tidak mencuci botol air minum selama sebulan?

1. Botol air minum yang tidak dicuci penuh dengan kuman

Jika Anda tidak mencuci botol air minum selama sebulan, kemungkinan besar botol tersebut penuh dengan bakteri dan jamur.

Sebab, setiap kali Anda minum dari botol, Anda memindahkan kuman dan kontaminan lain dari mulut ke lingkungan yang lembap, menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi mereka untuk tumbuh.

Botol air minum yang tidak pernah dicuci dengan benar memiliki tingkat bakteri yang lebih tinggi daripada botol yang dibilas dan dicuci secara teratur, kata Soma Mandal, internis bersertifikat di Summit Health di Berkeley Heights, New Jersey, AS.

Baca juga: Ini Bahayanya jika Tidak Mencuci Botol Minum Setiap Hari

Mandal merekomendasikan untuk mencuci botol air minum secara teratur dengan air sabun panas.

2. Beberapa botol air minum menjadi lebih kotor dari yang lain

Jenis botol air minum tertentu lebih cenderung mengandung bakteri berbahaya daripada yang lain, ujar Mandal.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com