Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2023, 13:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budaya gotik dikenal dengan warna gelap atau hitam dan suram. Namun, bukan berarti tidak dapat menggunakannya di rumah sebagai gaya dekorasi.

Tema gotik tidak harus membuat rumah terasa seram dan menyeramkan. Ini sebenarnya adalah desain yang menghargai keanggunan gaya lama karena desain gothic menggunakan warna gelap serta elemen hiasan untuk menciptakan tampilan Victoria yang mewah. 

Baca juga: 7 Ide Menerapkan Gaya Skandinavia di Rumah, Hadirkan Suasana Tenang

Ada banyak cara menggunakan elemen gotik untuk mendekorasi rumah. Anda tidak harus terpaku pada satu gaya tertentu, seperti tradisional atau Victoria.

Anda bisa memilih variasi lebih modern, seperti vampir gothic atau tema romantis.

Jika tertarik mencobanya, berikut cara mendekorasi rumah dengan gaya gotik dikutip dari Rhythm of the Home, Sabtu (17/6/2023).

Fitur arsitektur

Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.
Secara tradisional, gaya gotik memiliki beberapa fitur arsitektur yang sangat rumit. Ide inti di balik arsitektur gothic adalah menonjolkan kualitas utama dari setiap elemen desain.

Busur, cetakan, dan detail lainnya harus fokus memberikan suasana seperti kastil. Contoh arsitektur ideal gaya Gothic adalah lengkungan runcing dan kubah bergaris.

Dinding mungkin akan memerlukan perawatan penuaan khusus agar menyerupai tampilan periode abad pertengahan. Hal ini dapat dicapai melalui batu yang dicat palsu.

Paletnya harus mencakup warna abu-abu dan cream yang dikombinasikan dengan warna hitam untuk garis luarnya.

Pilihan lainnya, menggunakan wallpaper. Pilih wallpaper dengan tampilan dramatis. Pola rumit dan tekstur beludru paling cocok untuk wallpaper, sedangkan karpet atau kain bisa digantung di ketinggian. 

Baca juga: 4 Kesalahan Mendekorasi Ruangan dengan Gaya Skandinavia

Keanggunan 

Selanjutnya, cara mendekorasi rumah dengan gaya gotik adalah menggunakan keanggunan.  Penting menekankan peran penting keanggunan dalam gaya gotik.

Jik ingin mendekorasi rumah dengan elemen-elemen gotik, perlu memahami efek gaya ini terhadap tampilan rumah.

Ini jelas bukan gaya dekorasi yang mudah dikerjakan mengingat membutuhkan potongan-potongan berani dan kain kelas atas.

Perabotannya, misalnya, membutuhkan penataan rumit dengan desain hiasan rumit dan banyak detail. Gaya gotik adalah pilihan desain interior terbaik bagi mereka yang menghargai keanggunan di atas segalanya.

Namun, tidak perlu terlalu khawatir tentang anggaran karena gaya gotik tidak memerlukan banyak elemen megah untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com