Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memilih Karya Seni Berdasarkan Ruangan

Kompas.com - 28/05/2023, 10:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan karya seni seperti seorang desainer bisa memakan waktu. Jika Anda ingin memasukkan karya seni dengan caar efektif, sering kali cukup dengan mengikuti beberapa panduan desain yang baik.

Sebuah karya seni memiliki kekuatan untuk memberikan karakter unik pada ruangan. Mengingat setiap ruangan di rumah memiliki fungsi, gaya, dan kepribadiannya sendiri, maka masuk akal memilih karya seni yang paling sesuai untuk setiap ruang. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Memajang Karya Seni di Kamar Mandi

Setelah memutuskan tampilan sebuah ruangan, karya seni biasanya dapat digunakan sebagai elemen dekoratif terakhir untuk menyatukan semuanya. Ya, bisa dianggap sebagai pemanis dalam hal desain interior.

Dinding yang polos akan tampak hidup ketika dihiasi beberapa karya seni menarik. Jika siap mengubah ruang hidup dengan karya seni yang tepat, berikut cara memilih karya seni berdasarkan ruangan dikutip dari Rhythm of the Home, Minggu (28/5/2023).

Ruang keluarga 

Ilustrasi ruang keluarga kecil bergaya minimalis.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga kecil bergaya minimalis.
Ruang keluarga adalah pilihan pertama kebanyakan orang ketika ingin menambahkan karya seni. Melihat karya seni di ruang keluarga lebih mudah dibanding ruangan lain, seperti kamar mandi atau dapur. Itu berarti harus berhati-hati saat memilih karya seni. 

Pasalnya, tak jarang, sebuah karya seni dapat mempercantik atau menghancurkan kesan dan suasana di area tersebut.

Jika ingin menambahkan elemen percakapan yang solid, memilih karya seni berskala besar merupakan solusi baik. 

Baca juga: Jangan Menggantung Karya Seni Secara Vertikal di Kamar Tidur

Menemukan karya seni yang benar-benar menawan tidaklah mudah, tapi cobalah berpikir di luar kebiasaan. Jangan hanya terpaku pada satu karya seni dan pertimbangkan menggabungkan beberapa bingkai untuk mendapatkan efek visual yang diinginkan.

Selalu ingat mempertimbangkan suasana ruangan lainnya agar karya seni dapat menonjolkan keseluruhan desain dengan cara harmonis.

Apapun desain yang Anda sukai, pastikan memilih karya seni yang memiliki proporsi dan orientasi tepat untuk dinding ruang tamu yang dipilih. 

Baca juga: Cara Memasang Karya Seni Tanpa Membuat Lubang di Dinding

Kamar tidur 

Ilustrasi kamar tidur sempit, kamar tidur kecil. UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi kamar tidur sempit, kamar tidur kecil.
Ada banyak pilihan karya seni yang bisa digunakan untuk mendekorasi kamar tidur. Tak heran, menemukan karya seni yang tepat untuk kamar tidur bisa jadi sulit.

Cara memilih karya seni berdasarkan ruangan, tepatnya kamar tidur, adalah mulailah mencari tahu tujuan dari kamar tidur.

Kebanyakan orang menganggap kamar tidur sebagai tempat peristirahatan yang tenang untuk tidur, bersantai, dan memulihkan energi untuk hari baru.

Anda bisa memilih karya seni bertema botani yang sesuai dengan suasana modern ruangan. Pilihan lain yang sangat populer adalah karya abstrak dan dinding galeri.

Jika lebih suka karya seni berskala besar, pastikan karya seni tersebut sesuai dengan proporsi dinding dengan benar tanpa menjadi terlalu berlebihan secara visual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com