Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2023, 20:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cupang merupakan ikan tropis  yang populer dipelihara lantaran memiliki tampilan yang cantik.  

Di negara asalnya, Thailand, ikan cupang memiliki sejarah dipelihara sebagai petarung kompetitif. Tak heran, membuat ikan cupang dijuluki sebagai ikan adu siam atau siamese fighting fish karena sifat agresifnya yang suka berkelahi, khususnya ikan jantan. 

Baca juga: 6 Penyebab Ikan Cupang Tidak Makan, dari Kualitas Air dan Persaingan

Dikutip dari The Spuce Pets, Selasa (16/5/2023), ikan cupang rata-rata memilik usia hidup sekitar tiga tahun. Namun, ikan cupang yang dibeli di toko hewan peliharaan biasanya sudah berumur satu tahun.

Ikan cupang jantan, khususnya, dibiarkan tumbuh dewasa sehingga sirip dan warnanya berkembang baik.

Ikan cupang betina dapat dijual pada usia sedikit lebih muda, tetapi umumnya berusia setidaknya enam bulan ketika ditawarkan dijual.

Salah satu kunci menikmati ikan cupang lebih lama adalah membeli ikan muda yang sehat dari toko hewan peliharaan terkemuka.

Hindari membeli ikan cupang yang pucat karena itu adalah tanda penyakit. Selain itu, sirip ikan cupang tidak boleh robek atau compang-camping, matanya harus jernih dan tidak melotot.

Perhatikan tanda-tanda luka atau cedera pada tubuhnya. Ikan cupang yang sehat aktif akan merespon ketika Anda meletakkan tanga di atas kaca akuarium. 

Baca juga: Seberapa Sering dan Banyak Memberi Makan Ikan Cupang?

Cara membuat ikan cupang berumur lebih panjang

Ilustrasi ikan cupang.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang.
Perawatan yang baik dan pola makan yang sehat dapat memperpanjang usia ikan cupang. Namun, jangan memberi ikan cupang makan berlebihan karena dapat menyebabkan penyakit hati berlemak (lipidosis hati), yang dapat memperpendek usia ikan cupang.

Menjaga kebersihan air akuarium dengan sering menggantinya akan membantu, terutama jika ikan cupang dipelihara di akuarium yang tidak berangin.

Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan usia ikan cupang. Ini bisa diberikan dengan aliran air yang lembut melalui tangki untuk memberikan perlawanan saat berenang akan membuat ikan cupang tetap bugar. 

Namun, aliran air tidak boleh terlalu berlebihan sehingga menghempaskan ikan cupang di sekitar tangki. Meski begitu, jarang sekali ikan cupang dapat hidup lebih dari lima tahun.

Jadi, jika ikan cupang hanya hidup satu atau dua tahun setelah Anda membelinya, jangan berasumsi bahwa Anda adalah pemilik yang buruk. Itu adalah masa hidup ikan cupang yang normal.  

Baca juga: Seberapa Sering Akuarium Ikan Cupang Harus Dibersihkan?

Cegah perkelahian ikan cupang jantan agar panjang umur

Ilustrasi ikan cupang.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang.
Faktor lain yang membuat ikan cupang berumur panjang adalah menjaga ikan cupang jantan tetap terpisah sehingga tidak berkelahi satu sama lain.

Ikan cupang jantan cenderung terlibat dalam pertarungan teritorial dan dapat melukai satu sama lain, yang dapat mengurangi usia ikan cupang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com