Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda

Kompas.com - 11/05/2023, 12:51 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda tak hanya digunakan untuk olahan kue, tapi juga sebagai bahan pembersih serta menyerap bau tak sedap.

Sebagai bahan abrasif yang lembut, baking soda ampuh membersihkan kotoran dari permukaan rumah tanpa merusak permukaan yang halus.

Baca juga: 7 Manfaat Soda Kue untuk Tanaman Buah dan Sayuran

Saat membersihkan dapur, bahan rumahan tersebut dapat digunakan untuk membersihkan berbagai benda.

Dikutip dari The Spruce Eats, Kamis (11/5/2023), berikut enam benda dan permukaan di dapur yang bisa dibersihkan dengan baking soda. 

Panci dan wajan

Ilustrasi membersihkan wajan gosong dan berkerak.SHUTTERSTOCK/SULIT.PHOTOS Ilustrasi membersihkan wajan gosong dan berkerak.
Menggosok sisa makanan yang gosong dari panci dan wajan bisa sangat merepotkan, terutama jika Anda tidak segera membersihkannya.

Atasi hal ini dengan membuat pasta baking soda untuk membersihkan kotoran. Lapisi area yang terkena noda dengan baking soda, tambahkan sedikit air, lalu diamkan panci atau wajan selama 15-30 menit.

Gosok kotoran dengan spons atau kain, lalu bilas panci hingga bersih, dan tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring untuk daya pembersih ekstra.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Panci yang Berminyak dan Berlemak

Tempat sampah yang bau

Baking soda dapat membantu membersihkan tempat sampah yang bau. Setelah membilas tempat sampah yang kosong, buatlah pasta dengan perbandingan sama antara baking soda dan air.

Setelah itu, gosok bagian dalamnya dengan sikat dan bilas kembali dengan air bersih sebelum menambahkan kanting baru.

Microwave

Ilustrasi microwave, menghangatkan makanan dengan microwave.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi microwave, menghangatkan makanan dengan microwave.
Microwave dapat dengan cepat kotor karena tumpahan makanan dan bau tak sedap. Untungnya, hal ini dapat diatasi dengan mudah menggunakan baking soda dan cuka.

Pertama, panaskan semangkuk cuka putih suling dan air dalam microwave untuk melonggarkan kotoran dan menghilangkan bau.

Selanjutnya, ambil spons basah yang bersih dan tambahkan beberapa sendok teh baking soda untuk menggosok noda membandel, lalu seka dengan lap basah.

Baca juga: 6 Bahan Alami Menghilangkan Bau Gosong dari Microwave

Wadah plastik

Taburkan satu hingga dua sendok makan baking soda di dasar wadah dan tambahkan air hangat secara perlahan hingga cukup untuk membuat pasta.

Oleskan pasta ke seluruh bagian yang terkena noda, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, seka pasta dengan kain lembap, gosok bagian bawahnya, lalu bias dengan sabun cuci piring dan air hangat.

Kompor

Ilustrasi kompor, kompor gas. PIXABAY/FERNANDO ARCOS Ilustrasi kompor, kompor gas.
Kompor merupakan salah satu permukaan yang cepat kotor ketika digunakan memasak. Taburkan baking soda kue di atas permukaan kompor, lalu semprotkan cuka putih.

Diamkan selama lima menit lalu gosok perlahan dengan spons basah dan seka permukaannya dengan kain atau gosok lagi dengan spons bersih.

Baca juga: 4 Warna Api Kompor Gas yang Harus Diketahui dan Artinya

Nat ubin

Baking soda juga dapat membersihkan nat ubin pada backsplash dapur. Campurkan dua bagian baking soda dengan satu bagian hidrogen peroksida pada nat yang terkena noda, lalu diamkan campuran tersebut selama kurang lebih 15-20 menit.

Gosok noda dengan sikat gigi bekas, lalu seka sisa baking soda dengan kain basah yang bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com