Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2023, 10:41 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman dapat memperindah dan menyegarkan berbagai ruangan di rumah, termasuk dapur. Selain itu, meletakkan tanaman di dapur juga bisa membersihkan udara.

Ada berbagai pilihan tanaman dalam ruangan yang cocok diletakkan di dapur. Tanaman-tanaman ini juga bisamencerahkan dan menambahkan warna di dapur.  

Dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (11/5/2023), berikut lima tanaman hias yang dapat mencerahkan dapur.

Baca juga: 5 Kesalahan Menyiram Tanaman Hias Indoor yang Harus Dihindari

Tanaman herbal

Ilustrasi tanaman herbal.Shutterstock/Olga Miltsova Ilustrasi tanaman herbal.
Tanaman herbal merupakan pilihan yang cocok diletakkan di dapur. Selain mempercantik dapur, tanaman herbal dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau dikonsumsi. 

Sesuaikan jenis tanaman dengan cahaya di dapur. Tanaman herbal yang menyukai sinar matahari, seperti kemangi, rosemary, dantimi, ideal untuk dapur yang hangat dan cerah.

Sementara itu, tanaman mint, peterseli, serta ketumbar tumbuh subur di dapur yang lebih sejuk dan tidak terlalu terkena sinar matahari.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Memiliki Banyak Manfaat dan Mudah Ditanam

Corn plant

Corn plant (Dracaena fragans ‘Burley’) merupakan tanaman yang bagus untuk dapur. Morag Hill dari The Little Botanical mengatakan corn plant adalah tanaman yang mudah dirawat.

“Dengan daun belang-belang kuning dan hijau yang berani, tanaman ini menarik perhatian dan akan mencerahkan setiap sudut dapur atau meja,” katanya.

Ia menambahkan, tanaman ini dapat tumbu baik di tempat yang sedikit teduh, menjadikannya tanaman hias yang dapat mencerahkan dapur

Tanaman ini ideal untuk mereka yang sibuk karena cukup menyirami tanaman minggu sekali dan bersihkan debu pada daunnya untuk menjaga kilau mengilapnya.

Baca juga: 12 Tanaman Hias yang Bisa Hidup Tanpa Sinar Matahari Langsung

String of heart

Ilustrasi tanaman hias string of heart.SHUTTERSTOCK/JOB NARINNATE Ilustrasi tanaman hias string of heart.
Menurut Morag, strings of Heart (Ceropegia Woodii) sangat cocok untuk rak dapur karena akan menjuntai dengan indah.

“Tanaman cantik ini menyukai tempat terang, jadi pastikan mendapatkan cahaya pagi yang baik untuk membuatnya bahagia dan sehat,” katanya.

Jika kekurangan ruang di rak, rangkaian string of heart dapat ditanaman di pot gantung. Siram tanaman ini setiap sepuluh hari sekali, barkan kompos mengering di sela-sela waktu tersebut, dan jangan membiarkannya terendam air.

Baca juga: Selain Mudah Dirawat, 7 Tanaman Hias Ini Tak Butuh Sinar Matahari

Tanaman laba-laba

Tanaman laba-laba menjadi tanaman hias yang dapat mencerahkan dapur serta memurnikan udara. Tanaman laba-laba paling mudah tumbuh, menjadikannya salah satu tanaman yang paling populer.

Tumbuh subur di tempat terang dan jauh dari sinar matahari langsung, tanaman cantik bergaris ini terlihat bagus diletakkan di dalam pot di rak, atas meja dapur, atau pot gantung di mana daun-daunnnya yang panjang dan sempit akan menjuntai indah.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Spider Plant, Tak Perlu Perhatian Khusus

Peace lily

Ilustrasi tanaman peace lily. SHUTTERSTOCK/TOPIMAGES Ilustrasi tanaman peace lily.
Peace lily atau lili perdamaian (Spathiphyllum Wallisii) memancarkan ketenangan dengan bunga-bunga putih bersih dan daun-daunnya yang mengilap. Peace lily memiliki kemampuan membersihkan udara.

Menurut Morgan, peace lily cocok ditanam di dapur yang terang, ambang jendela dapur, atau meja dapur. “Semakin banyak cahaya yang masuk, semakin banyak bunga yang muncul,” katanya.

Morgan menambahkan, peace lily tidak memerlukan banyak perawatan dan dapat memberi tahu Anda apa yang dibutuhkannya.

“Jika tanahnya terlalu kering, batangnya akan terkulai, ini menandakan bahwa tanaman membutuhkan lebih banyak air dan akan pulih kembali jika diberi air yang cukup," katanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com