Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 5 Kesalahan Menggunakan Pisau Dapur yang Bikin Tumpul

Kompas.com - 31/03/2023, 09:48 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisau merupakan salah satu peralatan paling penting di dapur. Pisau berfungsi memotong berbagai bahan makanan, seperti bawang, cabai, sayuran, hingga buah-buahan. 

Namun, pisau dapur yang digunakan dengan baik dapat membuatnya cepat rusak. Ditambah, ada beberapa kesalahan yang membuat pisau dapur tumpul dan rusak. 

Dikutip dari All Recipes, Jumat (31/3/2023), berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat menggunakan pisau dapur.

Baca juga: Cara Merawat Pisau Dapur agar Tidak Mudah Rusak dan Tetap Tajam

Memotong pada permukaan yang salah

Ilustrasi pisau yanagiba untuk mengiris sashimi ikan. shutterstock/Aof Snap Shot Ilustrasi pisau yanagiba untuk mengiris sashimi ikan.
Pisau dibuat dari bahan keras dan kuat. Namun, ujungnya yang tajam bisa cepat tumpul atau melengkung jika tidak digunakan secara tepat.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah memotong di atas piring keramik atau langsung di atas countertop granit.

Permukaan-permukaan yang keras tersebut dapat menumpulkan, bahkan merusak mata pisau. Karena itu, gunakan talenan, baik kayu maupun plastik. Bahan ini lebih lembut dan dapat menjaga ketajaman mata pisau lebih lama.

Baca juga: 5 Penyebab Pisau Dapur Tumpul dan Rusak

Mencuci pisau dengan mesin pencuci piring

Mesin pencuci piring bukan tempat tepat untuk pisau dapur jika Anda ingin pisau tersebut berumur panjang.

Detergen pencuci piring lebih abrasif daripada sabun yang biasa Anda gunakan untuk mencuci dengan tangan. Selain itu, semprotan air yang panas dan kuat dapat membuat pisau menjadi tumpul, bahkan patah.

Sebaiknya, muci pisau dengan tangan di bak cuci piring setelah menggunakannya. Menunggu hingga noda makanan mengering dan mengeras di permukaan pisau akan membutuhkan penggosokan lebih kuat. Bersihkan secara efektif, tapi selembut mungkin.

Baca juga: 10 Benda yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring

Menyimpan pisau di dalam laci

Ilustrasi pisau dapur, blok pisau. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi pisau dapur, blok pisau.
Pisau yang berada di dalam laci di antara peralatan makan bisa berdesakan atau terbentur setiap kali Anda membuka laci, mencari-cari, dan mendorongnya untuk menutup.

Desakan ini, khususnya jika berbenturan dengan peralatan logam lainnya, dapat menyebabkan mata pisau menjadi tumpul.

Sebagai solusi, gunakan blok pisau untuk menyimpan pisau dan menggunakan bilah pisau magnetik di dinding. Selain menjaga pisau tetap tajam, penyimpanan ini lebih bergaya dan menghemat ruang meja. 

Menggunakan gerakan gergaji tangan

Jika menggunakan pisau dapu seperti gergaji tangan, kemungkinan besar mata pisaunya sudah aus dan Anda akan membuatnya semakin aus.

Saat pisau tidak bisa memotong makanan dengan bai, itu menjadi tanda pisau perlu diasah. Dengan penggunaan teratur, pisau perlu diasah sekali atau dua kali setahun.

Baca juga: Ketahui Cara Terbaik untuk Mengasah Pisau Dapur

Menggunakan pisau di luar dapur

Pisau dapur terkadang digunakan untuk hal lain seperti membuka kotak paket kiriman. Padahal, ini bisa membuatnya pisau rusak dan tumpul.

Hindari menggunakan pisau dapur selain memotong bahan makanan. Selain memperpanjang penggunaan pisau, hal ini juga menjaga pisau tetap bersih. 

Anda bisa memakai pisau lipat atau gunting untuk keperluan lain di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com