Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Pintu Kaca untuk Rumah dan Plus Minusnya

Kompas.com - 13/03/2023, 13:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak pilihan material untuk pintu rumah selain kayu, salah satunya bahan kaca.

Menggunakan pintu kaca di rumah dapat mencerahkan suasana, meningkatkan kesan ruang, menjadi fitur bagus untuk meningkatkan tampilan.  

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kaca Shower, Pakai Cuka dan Lemon

Pintu kaca cocok dengan desain interior modern yang ramping sekaligus memungkinkan cahaya alami masuk untuk membuat ruangan terasa lebih ramah.

Meski harus mengorbankan beberapa privasi, pintu kaca sangat cocok jika Anda senang menyaksikan dunia luar dari dalam serta memiliki hewan peliharaan di rumah sehingga bisa mengawasinya berkeliaran di halaman.

Ada berbagai jenis pintu kaca yang tersedia untuk rumah. Masing-masing pintu kaca memberikan manfaat serta plus minus. 

Sebaiknya, memilih jenis pintu kaca yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, satu kesamaan yang dimiliki semua jenis pintu kaca adalah membiarkan cahaya alami masuk dengan bebas.

Ini adalah solusi baik untuk konfigurasi rumah modern yang berfokus pada pendistribusian cahaya alami secara lebih efisien di antara ruangan-ruangan.

Dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (13/3/2023), berikut beberapa jenis pintu kaca untuk rumah beserta plus minusnya. 

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Pintu Kaca Geser Tidak Aman dan Cara Mengatasinya

Pintu kaca single dorong

Ilustrasi pintu kaca single dorong.Shutterstock/Basileus Ilustrasi pintu kaca single dorong.
Ini adalah opsi klasik yang menampilkan satu pintu ayun. Pintu kaca ini dapat memamerkan hanya satu panel kaca atau beberapa panel kaca dalam desainnya.

Anda bisa membuka pintu berengsel tunggal baik ke dalam maupun ke luar layaknya pintu umumnya. Pintu ini juga cocok untuk penggunaan internal atau eksternal.

Dalam hal penampilan, pintu kaca single dorong cocok dengan bingkai, tetapi bisa juga tanpa bingkai untuk menciptakan tampilan lebih ramping.

Manfaat menggunakan jenis pintu kaca single dorong adalah dapat muat dengan baik di area di mana pintu bertumpuk atau pintu lipat tidak dapat ditambahkan.

Jika memiliki bukaan yang sempit, pintu kaca jenis ini membantu Anda memaksimalkan ruang terbatas yang tersedia. Keuntungan lain dari pintu kaca ini adalah kedap suara yang cukup baik. 

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kaca Oven Berminyak dengan Baking Soda

Pintu kaca geser

Dengan memasang pintu kaca geser, Anda dapat mendesainnya agar dapat dioperasikan secara elegan dengan menggesernya secara horizontal.

Dengan cara ini, Anda dapat menghemat ruang karena pintu kaca geser bergerak di sepanjang dinding. Lebar bukaan dapat disesuaikan dengan ruangan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com