Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sofa Tidak Boleh Berhadapan dengan Pintu, Mengapa?

Kompas.com - 05/03/2023, 08:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi kuno Tiongkok tentang keseimbangan antara kita dengan alam sekitar. Feng shui sering dikaitkan dengan seni penempatan, dengan furnitur yang berdampak pada rasa dan aliran energi di dalam ruangan.

Sofa adalah furnitur paling penting di ruang tamu. Meskipun demikian, lokasi terbaik untuk meletakkan sofa di ruang tamu bisa menjadi sulit.

Dikutip dari Homes & Gardens, Minggu (5/3/2023), ada banyak panduan menata ruang tamu menurut feng shui. Ini dapat pula menjadi rujukan Anda dalam menemukan lokasi terbaik untuk meletakkan sofa, terutama jika Anda ingin meningkatkan energi positif di rumah.

Baca juga: 5 Cara Membuat Sofa di Ruang Tamu Tampak Mewah

Ilustrasi sofa di ruang tamu. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi sofa di ruang tamu.

Penempatan furnitur sesuai feng shui yang baik bisa menjadi vital di ruang tamu, karena ruangan ini umumnya dianggap sebagai pusat utama rumah untuk hiburan dan keluarga.

Ada dua peluang untuk berada dalam posisi konfrontatif dalam feng shui meletakkan sofa di ruang tamu. Kedua posisi konfrontatif ini harus dihindari.

Posisi konfrontatif adalah ketika sofa diletakkan tepat di depan pintu. Ini dianggap sangat sial karena mewakili situasi di mana Anda terus-menerus diserang, jelas Johanna Augusta, seorang pakar feng shui.

Peluang lain untuk posisi konfrontatif di ruang tamu menurut feng shui adalah menempatkan dua sofa atau kursi yang saling berhadapan langsung. Hal ini dapat membuat tidak nyaman bagi banyak orang.

Baca juga: 4 Posisi Terbaik Meletakkan Sofa di Ruang Keluarga Menurut Feng Shui

Dengan demikian, yang terbaik adalah menempatkan furnitur sedikit di tengah, seperti di ruang tamu besar ini, sehingga tamu tidak ditempatkan tepat di seberang satu sama lain.

Adapun dikutip dari The Spruce, Anda tidak boleh meletakkan sofa di depan pintu karena Anda tidak boleh menghalanginya. Selain itu, tentu saja Anda tidak ingin orang berjalan ke belakang sofa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com