Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Anjing Chihuahua, dari Berambut Pendek hingga Berkepala Apel

Kompas.com - 04/03/2023, 10:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Chihuahua adalah ras anjing populer dan banyak dipelihara di dunia. Bahkan banyak pesohor dunia memelihara anjing Chihuahua, seperti penyanyi Paris Hilton, bintang film Demi Moore, dan model Marilyn Monroe yang memberi nama anjing Chihuahua miliknya bernam Josepha.

Ras anjing terkecil di dunia ini—dengan berat 1,5 hingga tiga kilogram— tidak diketahui dengan jelas asal usulnya.  

Baca juga: 5 Ras Anjing Terkecil di Dunia, dari Chihuahua hingga Papillon

Chihuahua yang kita kenal sekarang kabarnya ditemukan pada 1850-an di Chihuahua, negara bagian Meksiko. Nama inilah yang kemudian menjadi nama anjing Chihuahua.

Anjing Chihuahua pertama kali didaftarkan sebagai trah resmi di American Kennel Club (AKC)—Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat—pada 1904. 

Meski secara resmi hanya ada dua jenis Chihuahua menurut standar ras AKC yang mengacu pada jenis bulu yang dimiliki, ada beberapa jenis anjing Chihuahua yang Anda temui.

Mereka adalah ras yang sama, tetapi memiliki karakteristik berbeda, seperti panjang bulu, bentuk kepala, dan tipe tubuh.

Jadi, apa saja jenis anjing Chihuahua?

Dilansir dari AZ Animals, Sabtu (4/3/2023), berikut sejumlah jenis anjing Chihuahua yang bisa dipelihara. 

Baca juga: Penyebab Telinga Anjing Chihuahua Terkulai

Chihuahua berambut pendek

Ilustrasi ras anjing Chihuahua yang berbulu pendek. PIXABAY/DIDGEMAN Ilustrasi ras anjing Chihuahua yang berbulu pendek.
Sebagian besar anjing Chihuahua memiliki rambut lebih pendek. Jenis ini dianggap sebagai Chihuahua "khas" dan sesuai dengan standar ras sehingga mudah menemukan anak anjing di peternak.

Variasi ini disebut Chihuahua "bulu halus" karena bulu pendeknya memberikan penampilan yang lembut. Bulu yang lebih pendek membantu mengurangi kebutuhan perawatan anjing Chihuahua.

Anda hanya perlu menyikat bulu jenis anjing Chihuahua ini seminggu sekali atau lebih jika ingin mengurangi jumlah bulu yang harus dibersihkan di sekitar rumah.  Di luar itu, Chihuahua ini cukup biasa saja. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Suka Bermalas-malasan, Ada Shih Tzu dan Chihuahua 

Chihuahua berkepala rusa

Kebanyakan anjing Chihuahua memiliki kepala berbentuk apel. Bentuk kepala ini adalah standar.

Namun, ada pula anjing Chihuahua yang berkepala rusa. Jenis anjing Chihuahua ini memiliki kepala sedikit lebih panjang dan tidak memiliki kemiringan di hidungnya.

Selain itu, anjing ini cenderung sedikit lebih besar. Banyak peternak mulai mengembangbiakkan anjing ini untuk membuat ras Chihuahua menjadi lebih sehat, tetapi terlalu besar untuk berkompetisi dalam pertunjukan anjing.

Tak heran, anjing Chihuahua berkepala rusa sulit ditemukan. Anda harus memilih peternak khusus yang berspesialisasi dalam anjing ini. Terkadang, harganya sedikit lebih mahal karena hewan peliharaan khusus.  

Baca juga: 7 Ras Anjing Berwarna Hitam dan Coklat Tua, Ada Doberman dan Chihuahua

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com