Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 15:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dan kucing sering digambarkan dalam kartun sebagai musuh bebuyutan. Hal ini pun berkembang di kehidupan nyata sehingga anjing dan kucing tidak bisa hidup atau memelihara keduanya bersama di rumah. 

Padahal, ada beberapa ras anjing dan kucing yang bisa akrab dan hidup rukun, terutama jika dibesarkan bersama serta dikenalkan lebih awal. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Akrab dan Bisa Dipelihara Bersama Kucing

Tergantung pada ras, usia, dan kepribadian, beberapa anjing tidak menganggap kucing sebagai musuh atau mangsa. Namun, tak dipungkiri ada beberapa ras anjing yang memiliki energi besar serta dorongan memangsa yang tinggi. 

Karena itu, dibutuhkan lebih banyak kesabaran dan pelatihan untuk memperkenalkan anjing ke kucing peliharaan baru serta membangun interaksi. 

Untuk membantu, berikut sejumlah cara memperkenalkan anjing pada kucing baru di rumah dilansir dari Daily Paws, Selasa (7/2/2023).

Pilih anjing yang sudah teruji untuk kucing 

Ilustrasi anjing dan kucing. Shutterstock/Gladskikh Tatiana Ilustrasi anjing dan kucing.
Jika mengadopsi anjing dari tempat penampungan, tanyakan apakah anjing telah diperkenalkan pada kucing sebelum membawanya pulang.

Anjing yang sudah terbiasa dengan kucing lebih mudah bergaul, beradaptasi, dan menerima keberadaannya. 

Pertimbangkan juga ras anjing. Anjing yang memiliki doronga memangsa lebih tinggi, seperti terrier dan anjing pemburu, akan kesulitan untuk tetap tenang di sekitar kucing peliharaan. 

Perlu diingat, semua anjing adalah individu terlepas dari rasnya, jadi tidak ada aturan baku tentang anjing mana yang paling cocok dengan kucing. Kucing yang lebih tua mungkin lebih sulit menyesuaikan diri dengan anjing di rumah. 

Baca juga: 5 Penyebab Anjing Tidak Mau Diajak Jalan-jalan

Ciptakan ruang yang aman 

Zazie Todd, psikolog sosial, pendiri blog populer Companion Animal Psychology, dan penulis Wag: The Science of Making Your Dog Happy, mengatakan cara memperkenalkan anjing pada kucing adalah menciptakan tempat yang aman di rumah untuk kucing melarikan diri.

"Pastikan lingkungan memungkinkan kucing untuk naik ke tempat tinggi atau di bawah sesuatu, seperti di balik perabot," katanya.

Tariklah beberapa kursi makan atau jauhkan sofa dari dinding. Area kecil ini memungkinkan kucing yang ketakutan untuk melarikan diri dengan cepat ke tempat yang tidak bisa diikuti anjing. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Keluarga Terbaik yang Lucu dan Menyenangkan

Pisahkan hewan peliharaan dari awal 

Ilustrasi anjing dan kucing.Shutterstock/Bachkova Natalia Ilustrasi anjing dan kucing.
Sebaiknya, pisahkan anjing di ruangan berbeda dengan kucing baru. Dengan cara ini, keduanya akan terbiasa dengan bau dan suara satu sama lain tanpa ada kemungkinan terjadinya pertemuan buruk.

Selain itu, masukkan anjing ke kandang setiap kali membiarkan kucing bebas berkeliaran. Dengan begitu, anjing dapat melihat kucing, tetapi tidak dapat mengejarnya.

Begitu pun kucing bisa melihat anjing dan menjelajah dengan aman di rumah. Cara ini bisa memperkenalkan anjing pada kucing baru dengan pelan-pelan.  

Baca juga: Bikin Gemas, Ini 5 Cara Melatih Anjing Peliharaan Tersenyum

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com