Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 12:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasukkan tanaman hias ke ruangan dapat mengubah suasana lebih segar, nyaman, dan meningkatkan suasana hati. 

Lindsay Pangborn, ahli berkebun di Bloomscape, mengatakan tanaman dapat meningkatkan kreativitas dan mengurangi stres.  

Baca juga: 6 Tanaman yang Tidak Boleh Diletakkan di Dapur

"Bagi sebagian orang, tanaman memberikan 'gezellig' (kata dalam bahasa Belanda yang berarti perasaan senang, nyaman, dan rileks) dan memberi rasa nyaman, katanya. 

Tanaman adalah makhluk hidup yang membutuhkan perawatan untuk tumbuh subur seperti air, cahaya, dan pupuk.

Namun, apabila Anda tidak memiliki pengalaman merawat tanaman hias, sebaiknya memilih tanaman dalam ruangan yang minim perawatan. 

Dilansir dari The Spruce, Jumat (20/1/2023), berikut sejumlah tanaman dalam ruangan yang minim perawatan

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Kamar Mandi

Dracaena limelight 

Ilustrasi tanaman hias dracaena limelightShutterstock/My Sunnyday Ilustrasi tanaman hias dracaena limelight
Dracaena limelight adalah tanaman hias dengan perawatan rendah yang berasal dari Afrika tropis. "Tanaman ini tumbuh subur dan beradaptasi dengan hampir semua lingkungan," ucap Pangborn.

Memiliki daun berwarna limau cerah dan berbentuk seperti air mancur, Dracaena 'Limelight' terkadang disebut sebagai tanaman jagugn karena kemiripannya yang luar biasa saat tumbuh.

Di alam liar,  dracaena limelight dapat tumbuh setinggi hampir 15 meter. Namun, DracaenalLimeligt merupakan tanaman tahunan yang tumbuh lambat serta memanjang lebih dari 1,8 meter. 

Siram tanaman hanya ketika tanah hampir kering karena dracaena tumbuh paling baik saat tanah tidak basah atau terlalu lembap.

"Tanaman hias ini tahan terhadap cahaya redup, bahkan bisa beradaptasi dengan pencahayaan neon jika diperlukan. Namun, hindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung," ucap Pangborn. 

Baca juga: 5 Penyebab Daun Tanaman Ara Biola Berubah Coklat

Silver pothos 

Silver pothos mempunyai daun yang berbintik-bintik abu-abu perak berkilauan. Pangborn mengatakan silver pothos menjadi pilihan tepat untuk tanaman dalam ruangan yang lebih kecil. 

"Tanaman ini terkenal karena perawatannya yang mudah dan daya tahannya. Tumbuh subur dalam cahaya terang, tapi dapat beradaptasi dengan cahaya lebih rendah."

Jauhkan silver pothos dari sudut berangin. Siram tanaman sesekali, potong daun yang mati, dan jaga tanah tetap lembap. Siram ketika sekitar lima sentimeter tanah bagian atas kering.

Jauhkan tanaman dalam ruangan yang minim perawatan ini dari sinar matahari langsung, yang dapat membakar daunnya. Untuk memperbanyak tanaman baru, cukup potong beberapa stek dan tanam dalam pot tanah dan air.  

Baca juga: 5 Penyebab Daun Tanaman Ara Biola Berubah Coklat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com