Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bunga yang Tumbuh Subur di Bawah Sinar Matahari Penuh

Kompas.com - 04/01/2023, 17:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinar matahari sangat penting untuk pertumbuhan tanaman, baik di luar ruangan maupun di dalam rumah.

Sebab, sinar matahari diperlukan untuk membantu proses fotosintesis—proses yang mengubah cahaya, oksigen, dan air menjadi energi. Tanaman tidak dapat tumbuh atau berkembang tanpa cahaya matahari. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Daisy yang Penuh Arti dan Simbol

Karena itu, kurangnya cahaya matahari dapat menghambat pertumbuhan tanaman, bahkan menyebabkannya mati.

Namun, di sisi lain, paparan sinar matahari yang terlalu banyak dapat menghanguskan, memutihkan, merusak, bahkan akhirnya membunuh tanaman. 

Akan tetapi, tak dipungkiri bahwa ada beberapa tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, termasuk tanaman bunga.  

Bunga-bunga ini terlihat bagus pada cuaca panas selama matahari bersinar, dapat menambah keindahan taman, serta memberi warna pada rumah. 

Berikut sejumlah tanaman bunga yang tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dikutip dari Southern Living, Rabu (4/1/2023).  

Baca juga: 10 Bunga yang Cocok Jadi Hadiah Kelahiran Bayi, Mawar hingga Tulip

Krisan

Ilustrasi bunga krisan atau Chrysanthemum berwarna ungu.PIXABAY/SUPPENKASPER Ilustrasi bunga krisan atau Chrysanthemum berwarna ungu.
Bunga krisan menjadi tanaman yang mudah tumbuh dalam pot. Bunga krisan dapat tumbuh antara 60-91 sentimeter.

Beberapa bunga krisan terlihat seperti aster dan mekar dalam varietas putih, kuning, merah, merah muda, serta oranye. Rusa tidak menyukai bunga krisan sehingga aman ditanam dan dinikmati sepanjang musim.

Coneflower 

Bunga-bunga asli Selatan ini tumbuh subur dalam panas dan kelembapan. Conflower menjadi bunga yang tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, tetapi bisa mentoleransi sedikit naungan sore.

Coneflower toleran terhadap kekeringan, tetapi harus disiram secara teratur pada musim pertamanya. Bunga ini juga menarik burung, lebah, dan kupu-kupu serta memiliki tampilan menarik. 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Bunga Matahari, Kaya Makna dan Favorit Para Seniman

Kembang sepatu

Ilustrasi pohon dan bunga kembang sepatuNitin Dhumal Ilustrasi pohon dan bunga kembang sepatu

Berasal dari lingkungan hangat, subtropis, dan tropis, kembang sepatu merupakan bunga sempurna yang menyukai sinar matahari penuh.

Kembang sepatu tumbuh baik dalam pot, salkan tanahnya memiliki drainase baik dan membutuhkan banyak air pada tahap awal mekarnya.

Pupuk lepas lambat akan membantu memastikan kembang sepatu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com