Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2023, 10:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada di antara kita yang langsung mengemas makanan sisa untuk langsung disimpan di kulkas. Namun, ada juga yang mendiamkan makanan sisa hingga dingin, lalu menyimpannya di kulkas.

Sebab, dikutip dari All Recipes, Rabu (4/1/2023), semakin lama makanan didiamkan, semakin tinggi risiko tumbuhnya bakteri berbahaya.

Namun demikian, menyimpan makanan panas di kulkas juga dapat menimbulkan kerugian. Ini dapat meningkatkan suhu sekitar, menempatkan makanan di dalam kotak di zona bahaya pertumbuhan bakteri.

Baca juga: 5 Aturan Feng Shui Kulkas, Jangan Biarkan Kosong dan Kotor

Ilustrasi membuka kulkasSHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi membuka kulkas

Meninggalkan makanan sisa untuk waktu yang lama dan memasukkan makanan panas ke kulkas dapat menimbulkan masalah keamanan makanan. Namun, ada cara untuk memasukkan makanan panas ke dalam kulkas dingin dengan aman.

Berapa lama makanan didiamkan hingga dingin sebelum dimasukkan ke kulkas?

Apakah harus segera menyimpan makanan di kulkas atau membiarkannya hingga dingin tergantung pada suhunya. Pertumbuhan bakteri berbahaya terjadi antara 5 hingga 57 derajat celcius.

Spektrum ini dikenal sebagai zona bahaya untuk makanan. Bakteri yang berpotensi berbahaya tumbuh paling cepat pada suhu ini.

Menyimpan makanan panas dalam jumlah besar di kulkas dapat menaikkan suhu kulkas ke zona bahaya ini. Suhu kulkas harus selalu diatur di bawah 4 derajat celcius.

Baca juga: Makanan yang Bisa Tetap di Kulkas dan Dibuang Setelah Mati Listrik

Ini dapat mencegah pendinginan cepat yang diperlukan untuk mendapatkan makanan di bawah zona bahaya secepat mungkin.

Namun, tidak ada salahnya memasukkan makanan panas langsung ke dalam kulkas jika memang diperlukan. Jika Anda adalah orang yang pelupa, atau jika Anda tidak ada untuk menyimpan makanan setelah agak dingin, lanjutkan dan simpan di kulkas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com