Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kesalahan Saat Mendesain Dapur, Salah Satunya Pentingkan Aesthetic

Kompas.com - 18/12/2022, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang tahun 2023, sudah banyak prediksi tren dapur maupun tren warna dapur yang dihadirkan oleh desainer interior. Namun, ada pertimbangan yang lebih penting saat mendesain dapur

Mendesain dapur adalah perpaduan antara matematika dan kreativitas, kata Tom Howley, Direktur Desain di Tom Howley Kitchens, seperti dikutip dari Woman and Home, Minggu (18/12/2022).

Menurut Howley, ini semua tentang skala, warna, dan keseimbangan. Masukkan apa yang berhasil, daripada memasukkan apa yang ada di daftar keinginan Anda.

Baca juga: Studi Buktikan, Ini Benda Paling Kotor dan Penuh Kuman di Dapur

Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.

Berikut beberapa kesalahan desain dapur yang sering dilakukan oleh pemilik rumah.

1. Memilih estetika daripada fungsionalitas

Tampilan dapur aesthetic memang menarik untuk dijadikan inspirasi. Akan tetapi, penting untuk tidak memilih gaya daripada fungsi.

Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat mendesain dapur baru Anda adalah berfokus hanya pada tampilannya daripada mempertimbangkan gaya hidup dan fungsi dapur, jelas William Durrant, pemilik Herringbone Kitchens.

2. Berbelanja berlebihan untuk renovasi dapur

Karena anggaran merupakan faktor yang sangat penting dalam hal renovasi dapur, pengeluaran untuk desain yang tidak menambah nilai tidak disarankan.

Baca juga: 9 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan Pakai Air Perasan Lemon

Sebab, tidak seperti mengecat warna cat yang dapat menurunkan nilai rumah, kesalahan desain dapur tidak mudah diperbaiki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com