Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Taman Kecil

Kompas.com - 01/12/2022, 18:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah kecil secara bertahap terus menjadi pilihan populer di seluruh dunia, terlebih di kota besar.

Rumah berukuran kecil ini juga berdampak pada taman atau halaman yang turut menyusut. Akibatnya, setiap detail diperhitungkan, termasuk ukuran taman dan tanaman.  

Baca juga: 5 Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mendesain Taman

Meski begitu, memiliki taman kecil bukan berarti tidak dapat memiliki ruang luar yang luar biasa dan penuh dengan tanaman yang tumbuh subur sepanjang tahun. 

Dengan memaksimalkan setiap inci dan menentukan tanaman yang sempurna, ini bisa menciptakan taman kecil yang indah serta nyaman. Memasukkan lebih sedikit tanaman, lebih baik dalam menciptakan ide taman kecil dengan dampak maksimal.

Lantas, tanaman hias apa saja yang cocok di taman kecil?

Dikutip dari Gardeningetc, Kamis (1/12/2022), berikut sejumlah tanaman hias yang cocok ditanam di taman kecil

Baca juga: 5 Mawar Paling Harum yang Dapat Ditanam di Taman Rumah

Hydrangea

Ilustrasi bunga hortensia atau hydrangea.Unsplash/simone_dalmeri Ilustrasi bunga hortensia atau hydrangea.
Walau taman kecil, bukan berarti tidak bisa menanam bunga besar seperti hydrangea. Bunga-bunga besar dapat terlihat bagus di taman kecil. 

Untuk hasil terbaik, tanam bunga hydrangea di bawah sinar matahari penuh atau sebagian teduh, lalu sirami secara teratur pada musim kemarau.

Tanaman yang lebih muda membutuhkan dukungan dengan pancang agar kepala bunga tidak jatuh. Tanaman bunga hydrange bisa ditanam di pot, tapi akan lebih bahagia di tanah langsung. 

Baca juga: 5 Tips Mendesain Taman Belakang Rumah Bergaya Minimalis 

Pohon ceri Tibet

Ini adalah salah satu pohon terbaik untuk ditanam di taman kecil karena memiliki bunga sepanjang tahun. Pohon ceri Tibet memiliki daun hijau gelap lonjong dan bunga putih kecil di akhir musim semi dengan dedaunan musim gugur kuning.

Pilih satu batang pohon dan tidak akan tumbuh lebih tinggi dari sekitar lima meter dalam 20 tahun. Tanaman ini tumbuh baik di sebagian besar kondisi, tetapi hindari area basah atau berkapur. Pohon ini juga bisa mentoleransi polusi dengan baik. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Kamboja, Bisa Mempercantik Taman 

Acer

Tanaman Acer adalah pemandangan umum di taman kecil Jepang. Ada banyak jenis pohon elegan ini, termasuk banyak yang cocok untuk ruang kecil.

Pilih acer atropupureum untuk pohon dengan daun merah atau ungu dan acer dissectum untuk dedaunan hijau segar.

Untuk taman terkecil, coba kompak Acer palmatum 'Little Princess', yang tidak akan tumbuh lebih tinggi dari 1,5 meter dan memiliki dedaunan yang selalu berubah sepanjang musim.

Jangan lupa menyiram tanaman secara teratur di akhir musim panas dan tetap melakukan rutinitas yang sama karena ini sesuai dengan sistem akarnya yang dangkal.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com