Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Gaya Desain "Timeless"? Penjelasan dan Cara Menerapkannya

Kompas.com - 01/12/2022, 08:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren desain interior terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, namun bagi seseorang yang lebih mengutamakan fungsi dan kenyamanan, desain interior bergaya timeless bisa menjadi salah satu pilihan.

Keutamaan desain interior ini adalah tidak lekang oleh waktu dan perubahan tren desain yang ada atau sedang berkembang.

Hal ini juga diungkapkan oleh Shirley Gouw, desainer interior serta Principal Shirley Gouw Interior pada launching koleksi kolaborasi bersama Vinoti Living di Jakarta, Rabu (30/11/2022) jika gaya desain ini merupakan gaya desain yang dapat digunakan banyak orang dan tidak akan luntur di tengah ramainya tren desain interior. 

Baca juga: 5 Tren Dekorasi Kamar Tidur 2023, Direkomendasikan Desainer Interior

Ilustrasi ruang tamu warna beige. SHUTTERSTOCK/PINKYSTOCK Ilustrasi ruang tamu warna beige.

"Berbagai tren desain interior memiliki waktu untuk menjadi sebuah tren yang berkembang, namun gaya desain interior timeless ini akan lebih long lasting, tidak membosankan dan dapat diaplikasikan di dalam rumah bergaya apa pun," jelas Shirley. 

Lebih lanjut, Shriley menjelaskan jika seseorang ingin mengaplikasikan gaya desain timeless ini, mereka harus menjauhi tren yang sedang berkembang, dan gunakan warna-warna yang netral yang dapat dikombinasikan dengan warna yang kuat.

"Selain itu, gunakan furnitur yang tidak trendi atau yang sedang berkembang saat ini," tambah Shirley. 

Dapat menggunakan tren dengan dosis kecil

Namun, meskipun tidak menggunakan furnitur yang trendi, Anda masih bisa menggunakan sesuatu yang tren pada gaya timeless ini dengan dosis kecil.

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Desain Eklektik pada Interior Rumah

Seperti yang dilansir The Spruce, jika ada warna yang sangat trendi yang benar-benar ingin Anda gunakan, aplikasikan dengan barang-barang kecil yang mudah diganti seperti bantal dan bantal sofa.

Jangan menginvestasikan banyak ruang visual pada sesuatu yang trendi seperti perawatan sofa atau jendela. Jika Anda ingin tampilan timeless, pertahankan sesuatu yang trendi dengan jumlah yang kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com