Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Arti Psikologi di Setiap Warna Cat

Kompas.com - 26/11/2022, 10:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai elemen dekorasi, warna tak hanya mempercantik ruangan, tapi juga mempengaruhi suasana hati.

Misalnya, ketika tidur di kamar tidur dengan dinding bercat kuning cerah, dapat membuat lebih mudah bangun pada pagi hari. Setiap warna cat memiliki arti atau psikologis masing-masing. 

Dilansir dari Real Living, Sabtu (26/11/2022), berikut arti psikologis di setiap warna cat. 

Baca juga: Ini Warna Cat yang Dapat Membuat Ruangan Sejuk dan Tenang 

Biru

Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat. Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat.
Biru pada umumnya memiliki efek menenangkan dan nyaman. Pilih warna biru kalem untuk memberikan efek itu.

Orang lebih tertarik pada biru muda untuk kamar tidur dan kamar mandi karena memberikan perasaan santai dan tenang.

Di sisi lain, nada biru yang lebih jenuh dapat mendorong kreativitas sehingga paling baik digunakan di ruang kerja dan area belajar. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur, Apa Saja? 

Merah

Merah adalah warna yang berani dan penuh gairah. Merah digunakan untuk membuat drama di interior, tetapi karena semangatnya itu, sebaiknya menerapkannya dalam dosis kecil.

Nuansa merah yang lebih hangat juga dapat menciptakan interior yang ramah serta merangsang nafsu makan. Merah banyak digunakan di ruang tamu dan ruang makan. 

Kuning

Kuning adalah warna yang ceria dan sangat energik. Karena sifatnya yang cerah, kuning  paling baik digunakan untuk dapur dan tempat sarapan.

Namun, kuning yang lebih teduh memiliki karakter lebih menenangkan. Berhati-hatilah dalam menggunakan warna kuning terlalu banyak di kamar atau ruang bermain anak karena dapat menimbulkan kecemasan. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Membuat Ruangan Lebih Terang dan Luas  

Hijau

Ilustrasi cat dinding.Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat dinding.
Sebagai warna alam, hijau memiliki efek yang sama dengan biru. Hijau memberikan rasa tenang dan menyegarkan sehingga paling baik digunakan untuk area jalan masuk guna menyatukan eksterior dan interior.

Beberapa orang lebih menyukai hijau daripada biru untuk kamar tidur dan ruang belajar. Anda juga bisa menggunakan hijau di kamar mandi untuk memberikan nuansa seperti di tempat spa. 

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Sesuai dengan Arah Ruangan

Oranye

Oranye membuat ruang apa pun terasa hangat. Oranye juga mempromosikan interaksi dan keramahan. Seperti merah, oranye sangat cocok untuk ruang makan dan kombinasikan dengan warna netral.

Ungu 

Ungu adalah warna yang anggun serta memberikan nuansa mewah ke ruangan mana pun. Warna ini dapat digunakan di area formal seperti ruang tamu dan kamar tidur utama.

Variasi yang lebih ringan memiliki daya tarik yang lebih lembut dan dapat digunakan di kamar tidur anak-anak dan remaja. 

Baca juga: Ragam Pilihan Warna Cat Dinding Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur 

Pink

Pink adalah warna yang sangat segar dan biasa digunakan di kamar tidur anak perempuan. Warna ini menjadi pemanis interor, tapi hindari menggunakannya terlalu berlebihan dengan skema warna yang tebal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com