Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menggunakan Warna Hitam di Ruangan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 18/11/2022, 10:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut feng shui, warna hitam mewujudkan kekuatan, keagungan, kekuatan, misteri, otoritas, dan keanggunan, dan hadir dengan energi positif murni.

Hitam adalah ketiadaan warna dan cahaya, dan pada tingkat psikologis memiliki konotasi positif dan negatif.

Menggunakan warna dengan benar bahkan dapat menimbulkan rasa takut. Namun, dalam hal dekorasi, warna hitam menghadirkan kesan canggih, mewah, dan gaya ke dalam suatu lingkungan.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mengecat Dinding dengan Warna Hitam

Ilustrasi dapur minimalis dengan nuansa warna hitam. SHUTTERSTOCK/PINKYWINKY Ilustrasi dapur minimalis dengan nuansa warna hitam.

Akan tetapi, Anda perlu tahu apa yang Anda lakukan. Satu langkah yang salah dapat menghilangkan keseimbangan halus di sebuah ruangan karena warna hitam dapat menyerap semua energi yang melewati jalurnya.

Jika Anda akan menggunakan warna hitam, Anda perlu menemukan keseimbangan yang tepat agar tidak menghabiskan kekuatan vital di ruangan mengingat kekuatan luar biasa yang dimiliki warna tersebut.

Dilansir Architectural Digest, Jumat (18/11/2022) berikut adalah beberapa tips yang memungkinkan Anda menggunakan warna hitam di dalam ruangan

1. Tambahkan dengan bertahap

Mengingat warnanya sangat kuat, praktisi feng shui merekomendasikan untuk menambahkannya ke ruang secara bertahap. Mulailah dengan beberapa perabot kecil atau benda dekoratif seperti meja kopi, beberapa kursi, bantal, jam, atau bingkai foto.

Baca juga: Ide Desain Rumah Minimalis dengan Warna Hitam

Jika Anda ingin menggunakan cat hitam, mulailah dari yang kecil, mungkin dengan aksen dinding atau cukup cat beberapa garis atau kolom hitam sebagai aksen dekoratif. Ini akan memungkinkan Anda untuk mulai memasukkan warna hitam di rumah Anda tanpa mengganggu energi yang ada.

Ini juga akan mempersiapkan rumah Anda untuk pengenalan lebih hitam dari waktu ke waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com