Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Lapisan Putih pada Peralatan Masak Silikon

Kompas.com - 21/10/2022, 12:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan masak silikon kini banyak digunakan karena tidak menimbulkan goresan dan hadir dalam warna-warna yang cantik. Namun, pernahkah Anda melihat adanya lapisan putih pada peralatan masak silikon Anda?

Meskipun peralatan masak silikon secara teknis bersih, ada sesuatu yang mengecewakan tentang memasak dengan sesuatu yang tidak terlihat bersih.

Nah, apa sebenarnya penyebab lapisan putih pada peralatan masak silikon? Dilansir The Kitchn, Jumat (21/10/2022), lapisan putih itu adalah kombinasi dari buih sabun dan air sadah.

Baca juga: Apakah Peralatan Masak Silikon Aman Digunakan?

Ilustrasi peralatan masak silikon. SHUTTERSTOCK/SUNFLOWER LIGHT PRO Ilustrasi peralatan masak silikon.

Bahkan jika Anda mencuci peralatan masak silikon dengan tangan, lapisan putih tersebut masih bisa muncul. Anda dapat melihatnya melapisi spatula plastik dan silikon, sendok, peralatan panggang, dan lain-lain.

Tidak hanya tidak terlihat bagus, lapisan putih tersebut juga dapat mengganggu sifat antilengket dari peralatan masak silikon.

Untuk menghilangkannya, Anda memerlukan sesuatu yang akan melarutkan dan mengangkat buih sabun yang membandel dan lapisan air keras. Anda bisa menggunakan hidrogen peroksida dan soda kue.

Hidrogen peroksida juga akan membantu menghilangkan noda membandel yang tertinggal dari kunyit atau saus tomat pada peralatan putih, bening, atau berwarna terang.

Baca juga: Spatula Kayu Vs Silikon, Mana yang Lebih Baik untuk Memasak?

Berikut cara menghilangkan lapisan putih pada peralatan masak silikon

Pertama, rendam peralatan masak silikon yang ada lapisan putihnya dalam hidrogen peroksida selama 24 jam. Buat pasta dengan soda kue dan air dan oleskan ke seluruh peralatan.

Cuci peralatan masak silikon dengan sabun dan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com