Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Tanaman Syngonium dan Harganya, Ada yang Sampai Rp9 juta

Kompas.com - 17/10/2022, 13:48 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tanaman hias, ada beberapa jenis yang terkenal memiliki harga mahal, misalnya Philodendron Pink Princess dan Monstera Varigata.

Hal ini karena kedua tanaman ini mempunyai warna dan bentuk daun cukup unik. Namun, selain Philodendron Pink Princess dan Monstera Varigata, tanaman Syngonium juga termasuk tanaman hias yang memiliki daun berwarna dan berbentuk unik.

Baca juga: Menanam Syngonium, Lebih Cocok di Tanah atau di Pot Dalam Ruangan?

Lantas, apakah Syngonium tergolong sebagai tanaman berharga mahal?

“Harga Syngonium tergantung dari jenisnya,” kata pemilik The Tanduran sekaligus penggiat tanaman, Dian, ketika ditemui di Floriculture Indonesia International Convex 2022 di Hall A Jakararta Convention Center, (JCC), Jakarta, baru-baru ini. 

Beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi harga jual tanaman hias Syngonium adalah tingkat kelangkaan dan kemudahan atau kesulitan dalam perbanyakan.

Baca juga: Warna, Daya Tarik Tanaman Hias Syngonium

Untuk faktor jenis sendiri, menurut Dian, hal ini karena setiap jenis tanaman Syngonium menawarkan warna dauncukup berbeda.

“Dari tingkat kelangkaan dan perbanyakannya gampang apa susah. Kalau semakin susah dibanyakin, ya semakin langka. Ini biasanya berharga mahal,” jelasnya.

Namun, untuk tanaman Syngonium yang mudah diperbanyak dan bisa ditemukan di mana saja, harga tanaman ini paling murah bisa berada pada kisaran Rp20 ribu, sementara paling mahal pada kisaran Rp 2-3 jutaan. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias untuk Rumah Minimalis, Apa Saja?

Jenis Syngonium beserta harganya

Ilustrasi tanaman hias Syngonium Green Splash. SHUTTERSTOCK/IWAN WIDIYATNO Ilustrasi tanaman hias Syngonium Green Splash.

Dikutip dari beberapa sumber, setidaknya ada lima jenis tanaman Syngonium berpenampilan cantik yang dapat dihadirkan di rumah. Berikut Kompas.com rangkum beserta harga terbarunya.

Perlu dicatat, harga yang ditampilkan berdasarkan ukuran tanaman. Harga paling murah menandakan bahwa tanaman Syngonium masih berukuran kecil atau yang dijual bibit atau bonggolnya. 

Baca juga: Cara Merawat Syngonium, Tanaman Hias Daun yang Cantik

Syngonium Green Splash adalah tanaman Syngonium dengan daun berwarna hijau mint terang sehingga memberi kesan menyegarkan.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di sejumlah situs jual beli daring, Senin (17/10/2022), harga Syngonium Green Splash berada pada kisaran Rp20 ribu hingga Rp 1,5 jutaan.

Ilustrasi tanaman hias Syngonium Milk Confetti. SHUTTERSTOCK/RUNGFA THAVORNVISITPORN Ilustrasi tanaman hias Syngonium Milk Confetti.

Syngonium Milk Confetti merupakan salah satu jenis tanaman varigata dengan warna daun cukup mirip dengan Syngonium Green Splash, tetapi memiliki beberapa bercak merah muda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com