Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2022, 19:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Es batu bisa menambah kesegaran pada minuman dingin. Akan tetapi, sering kali es batu di freezer rasanya aneh dan berbau, yang dapat memengaruhi rasa minuman Anda.

Ada beberapa masalah yang dapat membuat es batu memiliki rasa dan bau yang aneh, jadi Anda mungkin harus melakukan beberapa pemecahan masalah untuk menentukan apa yang terjadi.

Dikutip dari Hunker, Sabtu (15/10/2022), berikut beberapa penyebab es batu di freezer rasanya aneh dan berbau, serta hal yang harus Anda lakukan.

Baca juga: Cara Mencairkan Bunga Es pada Freezer

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/HAPPY CREATOR Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

1. Segera bersihkan freezer

Jika es batu rasanya aneh dan berbau, mungkin ini saatnya Anda membersihkan freezer. Mulailah dengan mencari tanda-tanda makanan tumpah atau rusak.

Bersihkan tumpahan yang Anda temukan dan buang makanan yang sudah busuk. Ingatlah untuk memeriksa kulkas dan freezer Anda.

Bau makanan yang tidak sedap dari kulkas dapat dengan mudah berpindah ke freezer dan mencemari es batu.

Bahkan jika Anda tidak menemukan sesuatu yang salah, mungkin sudah waktunya untuk membersihkan kulkas dan freezer Anda dengan lap basah dan larutan pembersih ringan. Para ahli merekomendasikan untuk membersihkan freezer tiga hingga empat kali setahun.

Baca juga: 9 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Freezer

2. Es batu terlalu lama berada di freezer

Semakin lama es berada di dalam freezer, semakin besar kemungkinannya untuk mencium bau atau rasa yang aneh. Untuk rasa yang optimal, Anda harus menyimpan es batu hanya selama sekitar satu minggu.

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com