Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dilipat, Jenis Pakaian Ini Harus Selalu Digantung Saat Disimpan

Kompas.com - 02/10/2022, 13:49 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk urusan menyimpan pakaian, ada dua metode penyimpan yang dapat dilakukan, yakni dilipat maupun digantung.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis pakaian dapat dilipat saat disimpan di dalam lemari pakaian.

Oleh karena itu, ketahui jenis pakaian apa saja yang seharusnya kamu gantung saat menyimpannya di dalam lemari pakaian.

Baca juga: 4 Manfaat Melipat Pakaian yang Jarang Disadari Orang-orang

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (2/10/2022), berikut ini adalah item atau jenis pakaian yang perlu selalu digantung saat disimpan di dalam lemari pakaian.

Ilustrasi pakaian, lemari pakaian. FREEPIK/WIRESTOCK Ilustrasi pakaian, lemari pakaian.
Kain mengalir

Melissa Keyser, seorang penyusun profesional, mengatakan kalau apa pun yang terbuat dari sutra, sifon, atau bahan 'mengalir' lainnya (biasanya gaun atau blus) harus digantung.

"Saya suka memberi tahu klien saya untuk memikirkan bagaimana kain itu bergerak dengan mudah. Jika tampaknya melayang atau menari-nari, itu tidak akan baik untuk dilipat dan dimasukkan ke dalam laci," lata Keyser.

Linen

Linen dikenal sebagai bahan yang mudah kusut. Itulah sebabnya lebih baik menggantungkan semua potongan linen di lemari pakaianmu.

Baca juga: 8 Kegunaan Gantungan Baju Kawat Selain untuk Menggantung Pakaian

"Menggantung (linen) mencegah kusut yang tidak perlu," kata Robyn Reynolds, penyusun profesional dan CEO serta pemilik Organize2Harmonize.

Celana

"Meskipun jeans tidak selalu membutuhkan tempat di lemari pakaianmu, kamu harus merencanakan untuk menggantung semua celanamu yang lain (seperti celana panjang yang lebih bergaya)," kata Reynolds.

Reynolds mengatakan kalau gaun dan celana kasual harus selalu digantung. Kamu bisa menggantungnya jauh-jauh atau melipatnya di atas gantungan.

Blus

Jika kamu tidak ingin blus cantik milikmu penuh dengan lipatan dan kerutan yang mengganggu, pastikan untuk menyimpannya di gantungan.

Baca juga: 7 Trik Melipat Pakaian Jadi Lebih Mudah dan Cepat

"Blus harus selalu digantung. Ini akan membantu menghilangkan kerutan besar," kata Reynolds.

Jaket

Jaket adalah jenis pakaian yang besar. Jika kamu mencoba melipat jaket dan meletakkannya di dalam lemari pakaian, ini tidak hanya akan menyebabkan kerutan (dan potensi kerusakan pada struktur potongan), tetapi juga akan memakan sebagian besar ruang.

"Karena terlalu besar untuk dilipat, jaket apa pun harus digantung, entah itu blazer, jaket jeans, outerwear," kata Reynolds.

(Kebanyakan) gaun

Sebagian besar (tetapi tidak semua) gaun layak mendapatkan ruang vertikal di dalam lemari pakaian.

Baca juga: Trik Menyimpan Pakaian di Lemari Saat Musim Hujan agar Tidak Berjamur

"Pengecualiannya adalah gaun sweter berat atau gaun berat dalam bentuk apa pun. Saat digantung, mereka bisa meregang. Lipat ini agar ini tidak terjadi," pesan Reynolds.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com