Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan Dekorasi Rumah Minimalis

Kompas.com - 26/09/2022, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Dekorasi rumah minimalis banyak digemari dan diaplikasikan oleh pemilik rumah. Dekorasi minimalis adalah konsep yang mempraktikkan kesederhanaan yang tetap mengedepankan estetika, sehingga hanya mencakup barang-barang yang benar-benar penting di rumah.

Dikutip dari Houzz India, Senin (26/9/2022), tujuan utama desain rumah minimalis adalah untuk mencapai solusi desain terbaik melalui kesederhanaan bentuk dan detail, menciptakan ketenangan dan keindahan yang rapi.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dekorasi rumah minimalis, yang dapat membantu Anda untuk memutuskan apakah gaya ini cocok untuk rumah Anda.

Baca juga: 5 Tips Mendesain Taman Belakang Rumah Bergaya Minimalis

Ilustrasi ruang keluarga minimalisShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga minimalis

Kelebihan dekorasi rumah minimalis

1. Desain yang efisien

Dekorasi rumah minimalis efisien karena termasuk furnitur fungsional. Dekorasi didasarkan pada prinsip less is more alias tidak perlu banyak dan bentuk mengikuti fungsi, sehingga ada banyak kejelasan dalam strategi desain.

2. Rumah terlihat lebih luas

Rumah minimalis memiliki lebih sedikit furnitur, yang menghasilkan rasa keterbukaan dan ruang sirkulasi yang memadai di sekitar rumah.

Desainnya sangat mementingkan cahaya alami dan menawarkan pemandangan luar ruangan untuk menciptakan koneksi indoor-outdoor yang jelas.

Selain itu, rumah-rumah minimalis dirancang dengan dinding sesedikit mungkin untuk memberikan tampilan yang cerah dan lapang, dan menciptakan ilusi banyak ruang.

Baca juga: Ide Desain untuk Mewujudkan Eksterior Rumah Minimalis

3. Dekorasi yang menenangkan

Penggunaan skema warna yang menenangkan dan warna netral seperti krem, putih, dan abu-abu menciptakan ruang yang tenang dan tenteram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com