Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Bra

Kompas.com - 06/09/2022, 17:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mencuci bra harus dilakukan dengan tepat agar materialnya tidak rusak, tahan lama, dan tetap nyaman digunakan. 

Ditambah, bra bisa menjadi tempat bakteri, kotoran, bahkan jamur berkembang biak. Mencuci bra secara asal-asalan dapat mempengaruhi kesehatan, menyebabkan area dada berjerawat, terkena infeksi atau iritasi, dan mengeluarkan bau tidak sedap. 

Executive Vice President dan Global Merchandising for PVH, Suzanne Barton, dan ahli bra, Frederika Zappe, mengungkapkan beberapa kesalahan umum yang dilakukan saat mencuci bra seperti berikut. 

Baca juga: 8 Benda yang Tidak Boleh Masuk ke Mesin Cuci, Koin hingga Bra 

Terlalu sering dicuci

Ilustrasi bra.UNSPLASH / Fahad Waseem Ilustrasi bra.

Berbeda dengan pakaian dalam, dilansir dari Self, Selasa (6/9/2022), Zappe mengatakan bra sebenarnya tidak perlu dicuci setiap selesai digunakan, kecuali bila banyak berkeringat ketika memakainya.

Jika masih dalam keadaan kering dan tidak kotor, tidak apa-apa menggunakan kembali bra. "Kapan kamu harus mencuci bra benar-benar pilihan diri sendiri dan tidak perlu setiap kali kamu memakainya,” jelas Zappe.

Ia melanjutkan, kamu hanya perlu menilai kapan waktunya mencuci bra berdasarkan seberapa baru mencucinya, berapa kali  menggunakannya, dan durasi menggunakannya.

Baca juga: Akibat Merendam Pakaian dalam Waktu Lama di Mesin Cuci

Perhatikan pula cuaca ketika menggunakan bra. Apakah saat itu sedang sangat panas atau tidak serta aktivitas yang dilakukan.

Menurut Zappe, mencuci bra terlalu sering dapat membuat kain dan bagian elastis lebih cepat aus.

Meski begitu, disadur dari Broad Lingerie, idealnya bra dicuci setelah satu hingga tiga kali pemakaian. Namun, jika memiliki dua hingga tiga bra, kamu bisa mencuci semuanya sekaligus setiap seminggu sekali.

Sama dengan yang dikatakan Zappe, keringat, minyak tubuh, sel kulit mati, dan produk seperti deodoran, tetap harus menjadi pertimbangan terkait frekuensi mencuci bra. 

Baca juga: 5 Manfaat Dryer Sheet dalam Mengeringkan Pakaian, Sudah Tahu?

Gunakan detergen terlalu kuat

Ilustrasi bra, penyimpanan bra di lemari pakaian. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi bra, penyimpanan bra di lemari pakaian.
Zappe mengatakan, sebagian besar detergen  cukup kuat untuk bra sehingga dapat melemahkan materialnya seiring waktu.

“Kami merekomendasikan bahan pencuci pakaian dalam yang lembut yang dirancang khusus untuk melindungi pakaian yang rentan rusak dan tentunya jangan pernah menggunakan pemutih,” tegasnya.

Barton juga menyaranakan menggunakan sabun ramah pakaian dalam yang lembut untuk mencuci bra agar usia pemakaiannya lebih lama.

Baca juga: Ini Alasan Pelu Mencuci Pakaian Dalam dengan Air Panas

Tidak menggunakan kantung cuci

Barton menyarankan mencuci bra secara manual menggunakan tangan. Jika ingin menggunakan mesin cuci, taruh dalam kantung cucian berjaring guna melindungi agar tidak meregang serta mencegah kancing bra tersangkut pada pakaian lain yang dicuci dalam siklus yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com