Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mencuci Bra di Mesin Cuci, Ini Bahayanya

Kompas.com - 06/09/2022, 13:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mencuci berbagai jenis pakaian memang lebih mudah dilakukan di mesin cuci. Mereka pun membantu menghemat waktu.

Akan tetapi, tidak semua jenis pakaian cocok dicuci di mesin cuci. Bahkan, mencuci bra di mesin cuci sebaiknya dihindari.

Baca juga: Cara Mencuci Bra agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Dikutip dari Broad Lingerie, Selasa (6/9/2022), mesin cuci dapat memperpendek usia penggunaan bra. Bra yang dicuci dengan mesin cuci lebih cenderung memiliki kawat bawah yang putus atau mencuat.

Lebih lanjut, ada beragam hal lainnya yang akan dialami oleh bra ketika mereka sering dicuci menggunakan mesin cuci. Apa saja?

Ilustrasi bra.UNSPLASH / Uliana Kopanytsia Ilustrasi bra.

Bahaya mencuci bra di mesin cuci

Seperti yang telah disebutkan, salah satu bahaya dari mencuci bra di mesin cuci adalah kawat bawahnya dapat putus atau mencuat.

Selain itu, mereka lebih cenderung robek, baik dari agitasi mesin cuci atau karena tersangkut pada pakaian lainnya. Bagian cup-nya pun lebih cenderung kehilangan bentuknya, terutama pada bra kaus.

Bagian elastis pada bra akan meregang lebih cepat, lagi-lagi karena agitasi atau melilit pakaian lain. Kancingnya juga lebih mungkin rusak, bahkan hilang.

Selain menghindari mesin cuci, kamu juga tidak boleh menggunakan mesin pengering pakaian untuk mengeringkan bra. Mereka dapat meningkatkan semua risiko di atas.

Baca juga: 8 Benda yang Tidak Boleh Masuk ke Mesin Cuci, Koin hingga Bra

Memang ada beberapa cara untuk menangani risiko bra rusak akibat dicuci pakai mesin cuci. Misalnya adalah dengan mengencangkan pengait bra, dan menaruhnya di dalam kantong cucian untuk perlindungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com