Kompas.com - 06/09/2022, 10:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam material yang cocok untuk dijadikan sebagai bak cuci piring, tetapi salah satu yang sering digunakan adalah stainless steel.

Selain karena harganya yang cukup terjangkau, perawatannya tidaklah sulit. Stainless steel pun merupakan salah satu material yang paling tahan lama.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Saluran Bak Cuci Piring yang Mampet

Bak cuci piring stainless steel tidak mudah terkelupas atau retak seperti jenis enamel atau porselen, tahan akan noda, dan tidak mudah korosi.

Kendati demikian, setiap material memiliki plus dan minusnya tersendiri. Lantas, apa plus minus menggunakan bak cuci piring stainless steel?

1. Ketahanan

Ilustrasi wastafel dapur berbahan stainless steel. PIXABAY/BRETT_HONDOW Ilustrasi wastafel dapur berbahan stainless steel.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, stainless steel adalah salah satu material yang paling tahan lama. Untuk karat sendiri, mereka memang cukup tahan akan hal tersebut.

Namun, seperti dilansir Home Guides SFGate, Selasa (6/9/2022), material ini tidak bisa terkena kontak yang terlalu lama dengn pemutih klorin, asam muriatik, pelarut, dan bahan pembersih yang kasar atau abrasif.

Baca juga: Mudah, 5 Cara Menghilangkan Bau Saluran Air Bak Cuci Piring

Mereka dapat merusak lapisan stainless steel dan membuatnya rentan terhadap korosi. Ketebalan baja juga berperan dalam ketahanan wastafel terhadap goresan dan penyok. Semakin tebal baja, semakin tahan lama wastafel.

2. Datang dalam banyak pilihan

Bak cuci piring stainless steel datang dalam banyak pilihan, mulai dari desain undermount dan drop-in, hingga bentuk dan konfigurasi wastafel.

Jenisnya pun cukup beragam. Kamu bisa mendapatkan wastafel ganda, tunggal, atau jenis yang khusus untuk ditaruh di sudut meja dapur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.