Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Tempat Persembunyian Ular yang Memasuki Rumah

Kompas.com - 29/08/2022, 12:29 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang menyukai ular, bahkan mengetahui cara menanganinya ketika ada ular liar yang memasuki hunian.

Walhasil, beberapa orang menjadi lebih waspada ketika musim hujan tiba lantaran biasanya mereka dibarengi dengan keluarnya ular dari sarangnya di alam liar.

Baca juga: Curiga Ada Ular Masuk ke dalam Rumah? Coba Periksa Tempat-tempat Ini

Mereka akan mencari tempat untuk bersembunyi, termasuk memasuki hunian para warga. Ahli Herpetologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)—dahulu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)—Amir Hamidy, memiliki penjelasan terkait hal ini.

“Pertama, karena memang volume air meningkat, baik di tanah maupun di permukaan. Sehingga hewan tanah seperti ular atau cacing tanah akan keluar, karena tempat mereka tinggal terisi air,” ujarnya, seperti dilansir Kompas.com, Senin (12/12/2021).

Baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan

Ilustrasi ular garter. PIXABAY/PIXEL1 Ilustrasi ular garter.

Jadi, ketika ular menyadari bahwa tempat tinggalnya tergenang air, mereka akan keluar guna mencari tempat untuk berteduh.

Tempat ular bersembunyi saat memasuki rumah

Salah satu anggota Royal Empire—komunitas pengembang biak dan pemilik ular sanca bola (ball phyton)—bernama Ardy, mengatakan, ular biasanya akan mencari tempat yang gelap dan lembap ketika memasuki rumah warga.

Ketika ditemui dalam Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/8/2022), ia menjelaskan, ada kemungkinan mereka bersembunyi di rumah-rumah yang bergarasi.

“Mereka juga bisa bersembunyi di antara tumpukan barang, plafon rumah juga bisa,” tutur Ardy kepada Kompas.com.

Baca juga: Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menemukan Ular di Dalam Rumah

Dirinya menjelaskan, hewan secara umum termasuk ular takut akan manusia. Oleh karena itu, mereka akan mencari tempat pesembunyian yang sulit dijangkau oleh penghuni rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com