Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hal yang Tidak Boleh Diabaikan Saat Merenovasi Kamar Mandi

Kompas.com - 22/08/2022, 12:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tempat di mana memulai dan mengakhiri hari, kamar mandi adalah bagian fungsional dan penting dari rumah.

Setelah dapur, kamar mandi juga merupakan area di mana seseorang kemungkinan besar akan menginvestasikan uang paling banyak, jadi pertimbangkan baik-baik apa yang dibutuhkan saat renovasi kamar mandi untuk menciptakan kenyamanan. 

"Seperti halnya renovasi apa pun, perencanaan sangat penting dan ada beberapa hal yang tidak boleh Anda hemat," kata desainer interior penghuni House Beautiful, Andrew Griffiths, pendiri studio desain interior A New Day yang dilansir dari House Beautiful, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Bahan di Dapur yang Bisa Hilangkan Jamur di Kamar Mandi

Ilustrasi kamar mandi minimalis sederhana. SHUTTERSTOCK/VORONAMAN Ilustrasi kamar mandi minimalis sederhana.

"Sebagai aturan umum, jangan berhemat pada barang-barang yang bersentuhan dengan air. Pilih perlengkapan berkualitas baik yang akan bertahan lama," imbuh Griffiths. 

Proritaskan penggunaan lampu berkualitas 

Seperti halnya proyek apa pun, Anda harus selalu jelas tentang anggaran Anda.

"Ada banyak elemen untuk diganti, jadi mengetahui batasan Anda dapat membantu Anda menentukan apa yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa dikompromikan. Jika anggaran Anda terbatas, lantai vinyl bisa menjadi pilihan yang bagus. Anda bisa mendapatkan tampilan yang sangat bergaya dengan harga yang lebih murah," papar Griffiths.

Satu hal lagi yang sangat penting, pilih perlengkapan lampu kamar mandi dengan hati-hati. Pencahayaan kamar mandi sering diabaikan, tetapi Anda harus menerapkan skema pencahayaan berlapis.

Baca juga: Desain Kamar Mandi untuk Tampilan yang Lebih Bersih

"Jangan menggunakan pencahayaan langit-langit sebagai satu-satunya sumber pencahayaan Anda. Sebaliknya pikirkan tentang lapisan cahaya untuk menciptakan suasana hati yang berbeda, seperti yang Anda lakukan dengan ruangan lain. Pastikan sesuaikan posisi pencahayaan yang paling tepat," sebut dia. 

Jika Anda merasa perlu bantuan dalam memaksimalkan ruang Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan spesialis kamar mandi atau desainer interior, atau coba visualiser online untuk membantu Anda mendesain ruang yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com