Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisau bergerigi atau pisau roti adalah salah satu jenis pisau yang harus dimiliki di dapur. Sebab, pisau bergerigi dapat digunakan untuk memotong tomat, roti kering, dan kue yang lembut tanpa membuatnya hancur.

Meskipun sisi bilahnya bergerigi, pisau jenis ini juga perlu diasah jika sudah dirasa tumpul. Dikutip dari The Spruce Eats, Sabtu (9/7/2022), pisau bergerigi tidak menjadi tumpul karena bahan makanan yang dipotong, melainkan karena talenan.

Setiap kali Anda mengiris sesuatu di atas talenan, ujung pisau akan rusak. Pertama, ujung tajamnya masih ada, tapi sudah bengkok ke belakang.

Baca juga: Ketahui Cara Terbaik untuk Mengasah Pisau Dapur

Ilustrasi pisau roti, pisau bergerigi.PIXABAY/DIRK BRECHMANN Ilustrasi pisau roti, pisau bergerigi.

Lebih buruk lagi adalah ketika, setelah lama terkena permukaan talenan, ujung pisau yang tajam menjadi aus, sehingga yang tadinya terlihat seperti huruf V sekarang menjadi seperti huruf U.

Karena tepi tajam pisau bergerigi tersembunyi, maka tidak benar-benar menyentuh talenan. Yang berarti pisau bergerigi berkualitas dapat tetap tajam untuk waktu yang sangat lama.

Meski begitu, Anda mungkin akhirnya menemukan bahwa pisau bergerigi tidak bekerja dengan mudah seperti dulu. Salah satu tandanya adalah meninggalkan remah-remah di talenan saat mengiris roti, padahal biasanya memotong dengan bersih.

Jika kondisi tersebut terjadi, mungkin Anda perlu mengasah pisau bergerigi.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menghilangkan Karat pada Pisau Dapur

Cara mengasah pisau bergerigi

Jika Anda sudah familiar dengan cara mengasah pisau dapur biasa, Anda tahu bahwa itu melibatkan batu asah. Asah pada satu sisi pisau, kemudian Anda perlu membalikkannya dan melakukan hal yang sama ke sisi lain dari pisau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com