Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Merawat Handuk agar Tetap Bagus, Lembut, dan Tahan Lama

Kompas.com - 23/06/2022, 17:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Handuk menjadi salah satu perlengkapan atau benda yang digunakan setiap hari.

Untuk itu, perlu merawat handuk sebaik mungkin demi menjaganya tetap dalam kondisi baik. Untungnya, merawat handuk tetap bagus dan lembut dapat menggunakan beberapa bahan dapur seperti baking soda dan cuka

Baca juga: 6 Ide Penyimpanan Handuk di Kamar Mandi yang Cantik dan Praktis

Selain itu, kedua bahan ini juga bisa mengatasi noda, meningkatkan daya serap, dan melembutkan handuk.

Dilansir dari Hunker, Kamis (23/6/2022), berikut beberapa cara merawat handuk agar tetap bagus, lembut, dan tahan lama. 

Baca juga: 5 Tips Mencuci dan Merawat Handuk agar Tidak Bau Apek

Cara mencegah handuk dari kerontokan

Ilustrasi handuk mikrofiber. SHUTTERSTOCK/KONDORUK Ilustrasi handuk mikrofiber.
Handuk yang masih baru memiliki tekstur yang sangat lembut. Namun, seiring berjalannya waktu, tekstur lembut ini dapat berkurang sehingga menyebabkan handuk kurang nyaman digunakan.

Untuk mencegah handuk dari kerontokan atau molting, cuci handuk menggunakan air panas dan satu cangkir cuka putih. Cuka bisa menghentikan handuk rontok saat menggunakannya lagi.

Cara lain mencegah handuk rontok adalah mencucinya dengan air panas dan setengah cangkir baking soda.

Caranya, larutkan baking soda ke dalam air, lalu rendam handuk sebelum menambahkannya ke cucian. Setelah itu, tambahkan detergen cucian yang biasa digunakan untuk mencuci. 

Baca juga: 6 Kesalahan saat Mencuci Handuk, Bikin Makin Kotor 

Cara membuat handuk lebih menyerap

Seiring penggunaan, handuk tidak lagi menyerap air saat digunakan untuk mengeringkan tubuh. Pelembut kain yang menumpuk pada handuk juga bisa menyebabkannya kehilangan daya serap. 

Selain itu, handuk yang masih baru juga dapat tidak menyerap air sebaik yang diinginkan karena telah diolah dengan bahan kimia.

Untuk mengatasinya, cuci handuk dengan air panas dan seperempat cangkir cuka putih. Bisa pula menggunakan detergen biasa. 

Baca juga: Tanpa Pemutih, Ini 4 Cara Menjaga Handuk Putih Tetap Cerah

Cara melembutkan handuk

Ilustrasi handuk. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi handuk.
Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melembutkan handuk, salah satunya mengurangi penggunaan detergen. 

Detergen yang terlalu banyak dan menumpuk dari waktu ke waktu dapat membuat handuk menjadi kaku. Untuk mengtasinya, cuci handuk dengan air hangat karena bisa menyerap detergen lebih baik sehingga lebih sedikit sisa sabun yang tertinggal pada handuk.

Selain itu, setiap enam minggu sekali, coba menggunakan satu cangkir cuka putih untuk melembutkan handuk. Cuka membantu melawan penumpukan detergen dan pelembut kain serta membuat handuk lebih lembut. 

Baca juga: 6 Kebiasaan Mencuci Ini Dapat Merusak Handuk Mandi

Tak hanya itu, gunakan satu cangkir baking soda dan detergen cucian biasa. Baking soda membantu melonggarkan serat handuk, membersihkan bahan kimia atau kotoran, serta membantu menghilangkan bau apek. 

Ketika mencuci handuk, hindari membebani mesin cuci dengan banyak pakaian atau cucian. Mesin cuci yang kelebihan bebas bisa membuatnya sulit membersihkan semua kotoran dan detergen dengan benar serta mengurangi kelembutan handuk seiring waktu.

Saat  mengeringkan handuk, gunakan pengaturan panas rendah dan masukkan bola tenis yang bersih dan tidak terpakai untuk membantu melembutkan serta menghaluskan linen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com